8 Tips Memilih Sayuran Segar di Pasar Tradisional

Must Try

Menjadi sehat dan bugar adalah dambaan setiap orang. Dibutuhkan banyak usaha untuk menjadi sehat dan bugar, dan itu tidak mudah.

Selain untuk mencapai gaya hidup sehat, sayuran berkualitas sangat baik untuk kesehatan fisik Anda, jadi Anda juga harus memilih sayuran yang baik.

Jika ingin sehat dan bugar, sebaiknya makan makanan yang tinggi nutrisi dan vitamin sehat, seperti sayuran.

Memilih sayuran segar dan sehat sangat penting. Berikut adalah beberapa tips memilih sayuran yang baik untuk Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir dan tenang:

1. Perhatikan warna sayuran

Saat memilih sayuran, hal pertama yang Anda perhatikan adalah warna sayuran. Cara terbaik untuk memilih sayuran yang baik adalah yang masih memiliki warna cerah atau asli. Sayuran yang berubah warna menandakan bahwa sayuran tersebut sudah tidak segar lagi. Dan itu mungkin telah mengurangi kandungan nutrisi dan vitamin. Sayuran yang berubah warna antara lain wortel dan kentang dengan akar hijau, dan sayuran berdaun yang sudah mulai menguning.

2. Sayuran berdaun tidak layu

Dilihat dari warna dan kesegarannya, mudah untuk mengetahui sayuran mana yang masih baik atau buruk. Sayuran berdaun seperti bayam, kangkung, selada dan sawi memiliki tekstur yang tegas dan berwarna hijau cerah segar. Selama waktu itu, sayuran yang tidak sehat akan layu dan berubah warna. Sayuran segar biasanya dipanen segar dan tidak melalui perjalanan jauh.

3. Sayuran yang tidak mengandung pestisida

Memilih sayuran yang baik tidaklah mudah dan tetap utuh. Sayuran biasanya memiliki ulat kecil yang suka memakan daun sayuran. Hal ini juga yang membuat daun sayuran menjadi tidak lengkap dan sempurna. Tapi itu sangat baik untuk kesehatan Anda. Ketika ulat memakan daun sayuran, itu menandakan bahwa sayuran tersebut bebas pestisida. Karena itu, saat memilih sayuran, sebaiknya pilih sayuran yang daunnya utuh atau tidak berlubang.

Sayuran yang disemprot pestisida juga memiliki bercak putih kering di permukaan daun.

4. Sayuran yang tidak dicuci

Salah satu cara untuk memilih sayuran segar yang baik adalah dengan mencari sayuran yang masih berakar dan belum dicuci di penjual sayur. Ini karena sayuran yang tidak dicuci masih segar dan tahan terhadap layu dan busuk. Selain itu, kadar airnya tetap terjaga dengan baik.

5. Sayuran tidak keriput

Saat membeli sayuran umbi-umbian seperti bawang merah, kentang, wortel, ubi jalar, dan Bencoan, hindari jika sayuran berkerut, becek, tergores, penyok, berkecambah, atau tidak keras.

Cara memilih sayuran yang baik, pilihlah umbi-umbian dengan tekstur keras dan rasa yang segar. Misalnya bawang putih segar adalah bawang merah yang memiliki warna putih bersih, tauge, kulit bawang merah, keriput, dan tidak menguning.

6. Tidak becek atau berbau tidak sedap

Berhati-hatilah saat memilih buah dan sayuran seperti tomat, terong, mentimun, paprika, dan buah lainnya. Bagaimana? Sangat mudah untuk memilih sayuran yang baik dan memperhatikan kondisinya. Jika sayur buah ini pecah, pecah, remuk, lunak, berair, apek atau berbau, itu menandakan tidak layak untuk dikonsumsi.

7. Beli sayuran di pasar petani.

Memilih sayuran yang enak di supermarket memang layak, namun membeli di pasar petani lebih layak dan hemat karena lebih terjangkau. Selain itu, sayuran di pasar petani dijamin segar karena baru dipanen di ladang.

Keuntungan lainnya adalah sayuran dapat memiliki waktu dekomposisi yang lebih lama secara langsung.

8. Beli sayur di pagi hari

Saya harus bangun di pagi hari, jadi sulit untuk memilih sayuran lezat berikutnya. Hal ini biasanya dilakukan oleh penjual sayur untuk mendapatkan sayur yang masih segar. Tidak hanya mudah untuk membeli sayuran segar, namun penuh dan tidak terpakai di pagi hari. Kedengarannya bagus.

9. Pilih sayuran organik

Sayuran organik tentunya sangat sehat untuk dikonsumsi, karena tidak terkena pestisida yang dapat membahayakan kesehatan Anda. Lalu bagaimana cara memilih sayuran organik?

Sayuran organik sering digigit ulat dan ditusuk. Sayuran organik memiliki warna yang lebih cerah dibandingkan sayuran non-organik. Sayuran organik juga tidak memiliki bercak putih atau pestisida yang mengering di permukaan sayuran. Sayuran organik di supermarket biasanya membawa label atau stiker organik bersertifikat.

Beli sayuran langsung dari petani dan pasar tradisional, karena Anda bisa bertanya langsung tentang kualitas sayuran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Recipes

More Recipes Like This