14 Makanan Khas Bitung yang Unik dan Enak

Bitung menjadi salah satu kota di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara yang memiliki pesona bahari nan indah. Tidak hanya pesona baharinya saja yang memanjakan mata, ada makanan khas Bitung yang dapat memanjakan lidah.

Makanan dari daerah ini memiliki cita rasa khas yang tak dimiliki tempat lain. Saat berkunjung ke Bitung, sempatkanlah untuk berwisata kuliner di kota ini. 

Referensi Makanan khas Bitung

Setiap kota memang memiliki makanan khasnya masing-masing. Tidak mengherankan, ada saja orang yang rela pergi ke berbagai kota di Indonesia hanya untuk mencicipi hidangan khasnya, tidak terkecuali dengan pergi ke Bitung. 

Untuk kamu yang hendak mengunjungi Bitung, ini ada beberapa daftar rekomendasi makanan yang tidak boleh kamu lewatkan.

1. Halua kenari

Halua kenari
Source : instagram.com/coolnsmart_organizer

Halua kenari terbuat dari olahan kenari yang dicampur dengan gula merah. Makanan ini bergizi karena di dalamnya kaya akan protein dan rendah lemak. Rasanya yang enak dan manis sangat cocok untuk kamu jadikan camilan sehari-hari.

2. Kacang goyang

Kacang goyang
Source : instagram.com/ayubrilianti

Makanan khas Bitung ini sangat terkenal. Bahan dasarnya terbuat dari kacang tanah yang dilumuri coklat, gula putih, dan pewarna makanan. Bentuk, tekstur, dan warnanya yang beragam sangat menarik perhatian banyak orang.

3. Cakalang fufu

Cakalang fufu
Source : instagram.com/idataufiktb

Ikan cakalang banyak ditemukan di pelabuhan nelayan Bitung. Ikan cakalang diberi bumbu, diasap, dan dijepit dengan kerangka bambu.  Makanan ini jadi rekomendasi kamu yang suka sama makanan pedas.

Related : Makanan Khas Beijing

4. Pala manis

Manisan ini rasanya enak, manis dan kental. Berbeda dengan manisan pala di daerah lainnya, di Bitung manisan pala ini menggunakan gula aren. Tidak mengherankan kalau pala manis sudah diekspor ke mancanegara menjadi kue kering kemasan. 

5. Shasibi

Makanan khas Bitung ini terbuat dari ikan tuna segar yang dihidangkan dalam keadaan mentah. Tentunya, hanya dilumuri oleh bumbu saja. Terlihat seperti Sashimi, namun dari segi rasa pasti berbeda karena ikan yang digunakannya pun berbeda.

6. Dodol amurang

Dodol amurang
Source : instagram.com/kanopi_berjalan

Harganya yang murah membuat dodol amurang sering dijadikan oleh-oleh. Makanan ini terbuat dari gula aren yang dipadatkan dan dibaurkan dengan beras ketan halus. 

Setelah itu, diberi sedikit santan dan kayu manis sebagai perasa. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang manis tidak bisa dilupakan

7. Panada

Panada
Source : instagram.com/bikinlapertranstv.official

Makanan ini telah ada sejak Portugis menjajah. Panada mirip dengan pastel karena punya bentuk yang sama dengan tekstur yang lebih empuk mirip roti.  

Related : Makanan Khas Bengkayang

8. Klapertaart

Klapertaart
Source : instagram.com/luciacahyani

Kue khas Belanda ini sudah dimodifikasi dengan sentuhan rasa dan budaya Indonesia sehingga merupakan salah satu warisan peninggalan di zaman penjajahan. Klapertart adalah kue yang terbuat dari campuran kelapa, susu, tepung terigu, telur, dan mentega. 

Kue ini mengandung banyak protein dari susu sapi yang dapat mencegah karies gigi dan mencegah osteoporosis. Jadi, tak hanya enak makanan ini juga bernilai gizi tinggi. 

9. Sambal roa

Makanan khas Bitung lainnya yaitu sambal roa. Sambal ini dibuat dari bahan ikan Roa yang diasapi dan dihancurkan supaya lembut untuk bisa dimasak dengan bumbu sambal. 

Sambal ini dapat bertahan hingga setengah tahun kalau disimpan di dalam kulkas. Biasanya sambal roa ini dijadikan sebagai saus pendamping pisang goreng yang membuat rasanya semakin unik. 

10. Pia amurang

Kue ini menjadi kue tradisional yang menurut berbagai sumber pertama kali lahir di tangan masyarakat Tionghoa. Pia amurang terbuat dari campuran kacang hijau dan gula yang dibalut adonan tepung lalu dipanggang dengan oven. Pia amurang ini punya ciri khas yang berbeda dengan pia lainnya di kota lain. 

11. Kue lampu-lampu

Kue lampu-lampu
Source : topwisata.info

Kue lampu-lampu terbuat dari tepung beras, tepung terigu, santan, dan gula merah. Makanan ini dibuat dengan cara dikukus dan tidak pakai sedikitpun minyak sehingga bisa jadi makanan sehat. Rasanya yang manis cocok disantap saat santai.

12. Telur woku

Telur woku
Source : pikiranrakyat.com

Ayam woku sudah jadi makanan terkenal dari Sulawesi Utara. Selain ayam, telurnya juga bisa dimasak dengan bumbu woku. Cara membuat makanan khas Bitung ini dengan menumis telur rebus dengan aneka bumbu woku yang rasanya terkenal pedas, gurih, dan harum.

Related : Makanan Khas Karimunjawa

13. Nasi jaha

Nasi jaha
Source : instagram.com/belanga_omamarie

Nasi jaha terbuat dari perpaduan beras ketan dan juga beras biasa ditambah dengan beragam bumbu atau rempah-rempah. Pengolahannya nasi beserta ketan tidak dimasak dalam tungku.

Akan tetapi, langsung dimasak dengan memasukkannya ke dalam bambu lalu dilapisi dengan daun pisang. Setelah itu, bahan makanan ini dibakar di atas panas bara api. 

Saat matang, nasinya sangat menggoda selera. Makanan ini biasanya disajikan dengan berbagai lauk pauk dan masakan khas lainnya. Nasi jaha ini sulit didapat di luar Sulawesi Utara, jadi saat datang ke Bitung pastikan untuk mencicipi makanan ini. 

14. Amplang ikan tuna

Amplang terbuat dari ikan tenggiri berasal dari Samarinda, sedangkan amplang dari di Kota Bitung terbuat dari ikan tuna. Bahan baku utama amplang harus dari ikan yang memiliki kualitas baik dan melalui proses secara benar. 

Makanan ini terbilang unik karena terbuat dari ikan tuna yang khas, tidak tengik, dan tidak berminyak sehingga menghasilkan amplang yang renyah ketika dikunyah. 

Demikian beberapa makanan khas Bitung yang rasanya enak. Kamu harus mencicipi makanan tersebut saat berkunjung ke Bitung.

Profil Mr. Koki

Mr. Koki

fun, food obsessed, vegan. I cook and eat mostly vegan. I'm also a foodie. I love to try new places and fun things on the menu. I'll share it all with you!

Related Post

Tinggalkan komentar