18 Makanan Khas Buol, Rasanya Enak dan Nikmat

Makanan Khas Buol

Makanan khas Buol merupakan salah satu makanan daerah yang wajib kamu cicipi saat datang ke Provinsi Sulawesi Tengah. Buol adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. 

Buol terkenal dengan alamnya yang indah dan masih sepi sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung kesana. 

Bacaan Lainnya

Sembari menikmati pemandangan alam yang indah, kamu juga bisa mencicipi beberapa makanan khas dari daerah tersebut. Berikut ini daftar makanan khas Buol yang bisa jadi pilihan untuk dicoba.

Rekomendasi Makanan khas Buol yang patut dicoba

1. Boid

Boid atau jepa terbuat dari bahan dasar sagu yang diolah menjadi tumbang sagu dan dikukus dalam wajan hingga matang. Makanan khas Buol yang satu ini sangat digemari oleh masyarakat lokal dan wisatawan sehingga sering dijadikan buah tangan untuk sanak saudara.

2. Tombouat

Tombouat terbuat dari olahan ayam, sagu, dan bumbu rempah yang dibungkus di dalam daun pisang hijau. Cara masakanya dengan dibakar. Rasanya yang lezat dan wanginya yang enak sangat sayang untuk dilewatkan.

3. Ambal

Makanan yang satu ini terbuat dari beberapa ikan yang dicampur dengan sagu. Ambal disebut juga dengan pizzanya Buol. Rasanya unik dan menggugah selera sehingga membuat para penikmatnya semakin ketagihan.

Related : Makanan Khas Pasaman Barat

4. Kaledo

Makanan khas Buol ini mirip dengan sop buntut hanya saja terbuat dari kaki lembu donggala atau kaledo. Kaledo diolah dengan rempah yang dapat menggugah selera para pecinta kuliner. Biasanya dimakan bersama dengan ubi.

5. Duo sale

Makanan khas Sulawesi Tengah yang terbuat dari ikan teri yang dikeringkan dan dimasak dengan bumbu cabai merah, bawang merah, dan tomat. Bagi pecinta pedas manis, duo sale ini mirip dengan makanan sambal goreng yang menarik untuk dicoba kalau berkunjung ke Sulawesi Tengah. 

6. Uta kelo

Uta kelo adalah sayur daun kelor yang dimasak dengan santan, potongan ikan, dan pisang kepok. Rasanya enak dan menggugah selera.

7. Palumara

Palumara adalah sejenis sup ikan laut yang dimasak dengan rempah. Cocok dimakan bagi pecinta seafood

Related : Makanan Khas Sangihe

8. Lalampa

Lalampa sekilas mirip dengan lemper dengan isian ikan cakalang yang dimasak dengan cara dibakar. Pengolahan dengan cara dibakar ini dapat membuat aroma lalampa semakin menggugah selera. 

9. Labia dange

Makanan khas Buol ini terbuat dari bahan utama sagu. Makanan ini adalah camilan khas Sulawesi Tengah yang dimasak dengan menggunakan wajan dan tungku dari tanah liat. 

Biasanya labia dange disantap dengan olahan ikan dan gula merah yang dapat menambah cita rasa gurih dan renyah.

10. Milu siram

Makanan ini terbuat dari jagung muda atau binte biluhuta yang dicampur dengan ikan atau udang. Milu siram mempunyai beberapa rasa diantaranya pedas, asin, dan manis yang dapat dipilih sesuai selera. 

Related : Makanan Khas Aljazair

11. Onyop

Onyop berbahan dasar sagu yang diuleni dan dimasak dengan cara dikukus. Tekstur makanan khas ini kenyal. Biasanya dimakan bersama dengan kuah asam ikan yang bercita rasa pedas asam.

12. Tinutuan

Tinutuan dikenal dengan bubur manado. Tinutuan mirip dengan bubur pada umumnya hanya saya berisi sayuran yang melimpah. Biasa dimakan sebagai menu sarapan. 

13. Kapurung

Makanan khas Sulawesi Tengah ini berbahan dasar sagu. Sagu yang telah dimasak disiram dengan kuah kuning. 

Kuah tersebut terbuat dari kaldu ikan, sayuran, irisan mangga, dan daging udang yang menambah cita rasa gurih dari kapurung.

14. Nasi jagung

Nasi jagung adalah makanan khas Sulawesi Tengah yang dijadikan sebagai pengganti dari nasi putih. Terbuat dari biji jagung tua yang ditumbuk kasar dan dicampur dengan beras. Kemudian, dikukus dengan menggunakan kukusan dari bambu.

Related : Makanan Khas Meranti

15. Sinole

Sinole adalah makanan khas Buol, Sulawesi Tengah yang terbuat dari campuran sagu dan kelapa parut. Biasa dianggap sebagai makanan pokok pengganti nasi untuk beberapa suku di Sulawesi Tengah. Enak dimakan bersama ikan bakar dan sambal dabu-dabu.

16. Bagea

Bagea adalah kue kering khas Sulawesi Tengah yang terbuat dari sagu dan banyak direkomendasikan sebagai camilan oleh wisatawan. Terbuat dari sagu dan gula yang ditambahkan dengan potongan kacang sehingga rasanya menjadi lebih gurih. Makanan ini mempunyai banyak varian rasa diantaranya rasa pandan, keju, dan coklat.

17. Sate gogos pokea

Makanan khas ini terbuat dari aneka macam seafood. Lebih sering dijumpai sate dari daging kerang. Biasanya dimakan dengan bumbu bacem asam manis yang bercita rasa pedas manis dan asam.

18. Kapusu

Kapusu adalah makanan khas Buol terbuat dari bubur jagung yang dicampur dengan kacang merah. Rasa manisnya lumer di lidah. Menarik untuk dicoba kalau berkunjung ke Sulawesi Tengah.

Nah, itulah beberapa makanan khas Buol yang bisa dinikmati saat berkunjung ke Sulawesi Tengah.

Apa itu suku Buol?

Suku Buol merupakan suku asli yang berasal dari Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Suku ini memiliki kebudayaan, adat istiadat, dan bahasa yang unik, yaitu Bahasa Buol. Masyarakat suku Buol mayoritas bermukim di wilayah Kabupaten Buol dan sekitarnya.

Suku Buol dikenal dengan kehidupan sosial yang erat dan kearifan lokal yang kaya. Mereka menghargai tata nilai adat yang dianut secara turun-temurun.

Suku Buol juga terkenal dengan keahlian mereka dalam pertanian, perikanan, dan kerajinan tangan. Adat istiadat, tarian, dan upacara keagamaan yang dilakukan oleh suku Buol mencerminkan kekayaan budaya mereka.

Apa nama baju adat Buol?

Baju adat suku Buol disebut “Bodo” atau “Baju Bodo”. Baju Bodo merupakan pakaian tradisional yang umum digunakan oleh masyarakat suku Buol, khususnya dalam berbagai acara adat, upacara, dan perayaan. Baju Bodo terdiri dari beberapa bagian, antara lain:

  1. Baju Bodo Atas: Bagian atas dari pakaian yang memiliki bentuk lebar dan panjang, biasanya dikenakan oleh perempuan. Baju Bodo Atas biasanya diperindah dengan hiasan bordir dan payet.
  2. Baju Bodo Bawah: Bagian bawah dari pakaian yang berupa kain panjang yang dikenakan sebagai sarung atau rok, baik oleh laki-laki maupun perempuan.
  3. Aksesoris: Untuk melengkapi penampilan, suku Buol menggunakan aksesoris seperti perhiasan, selendang, dan ikat kepala yang biasanya dihiasi dengan motif dan warna yang khas.

Baju Bodo mencerminkan kekayaan budaya dan adat istiadat suku Buol, yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Di mana itu Buol?

Buol adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Ibu kota kabupaten Buol adalah kota Biau. Kabupaten ini berada di pesisir utara Pulau Sulawesi dan berbatasan dengan Kabupaten Toli-Toli di sebelah barat, Kabupaten Morowali di sebelah timur, dan Kabupaten Poso di sebelah selatan.

Buol memiliki kekayaan alam dan potensi wisata, seperti pantai, pegunungan, dan kebudayaan lokal yang menarik.

Pos terkait