17 Makanan Khas Sekadau yang Enak, Apa Saja?

Mencicipi makanan khas Sekadau menjadi sebuah keharusan saat kamu berkunjung ke daerah ini. Ada banyak makanan khas yang bisa menjadi teman perjalanan selama di Sekadau. 

Ingin tahu apa saja makanan khas dari Sekadau? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Rekomendasi Makanan Khas Sekadau

Sekadau merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat yang menyajikan keindahan alam yang terkemuka. 

Sudah banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan alamnya. Sayang rasanya, kalau berwisata kesana tapi tidak menikmati makanan khas Sekadau yang terkenal enak dan nikmat. 

Berikut ini beberapa makanan khas dari Sekadau yang sayang untuk dilewatkan. 

1. Talinga sagai

Talinga sagai
Source : instagram.com/irwan_koe

Talinga sagai artinya kuping dayak (yang panjang). Makanan ini terbuat dari tepung dan gula merah yang diaduk rata dan digoreng. Cocok sekali untuk dimakan oleh para pecinta manis dan renyah. 

2. Kue jimut

Kue jimut
Source : instagram.com/irashop88

Kue ini terbuat dari tepung terigu dengan isian gula merah yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus. Cita rasa manis dengan teksturnya yang lembut sangat menggugah selera. Makanan ini bisa disajikan saat acara pernikahan maupun sebagai camilan di rumah.

3. Tumpi udang

Tumpi udang
Source : instagram.com/madamhuang_siantar

Makanan khas Sekadau ini terbuat dari kepala udang yang ditumbuk bersama dengan kelapa parut dan diberi bawang merah, bawang putih, dan kunyit. Kemudian, dibentuk bulat gepeng dan digoreng. Biasa disajikan sebagai menu di acara perkawinan atau arwahan.  

Related : Makanan Khas Sidikalang

4. Dodol cengkarok

Dodol cengkarok
Source : instagram.com/selapis_warna

Makanan khas Sekadau ini terbuat dari tepung ketan kasar yang berasal dari beras yang sudah di oseng, santan kelapa, dan gula merah. Teksturnya tergolong unik karena seperti berpasir saat di lidah. Teksturnya yang berpasir dengan cita rasa gurih nan manis sangat menarik untuk dicoba. 

5. Bubur pedas

Bubur pedas
Source : instagram.com/krisnaenachan

Makanan dari Kalimantan Barat  ini rasanya sama sekali tidak pedas. Sering disantap bersama dengan ikan teri dan jeruk nipis. Bubur pedas ini berisi banyak sayuran yang cocok dinikmati pada saat sarapan.  

6. Pengkang

Pengkang
Source : instagram.com/meiyin186

Makanan ini sekilas mirip dengan lemper, namun memiliki bentuk segitiga. Pengkang dimakan bersama dengan saus kerang yang bercitarasa pedas. Sudah biasa dijadikan buah tangan oleh wisatawan yang berkunjung ke Kalimantan Barat.

7. Chai kwe

Chai kwe
Source : instagram.com/eliz_willyam

Chai kwe ini adalah kue yang berisikan sayuran, bentuknya mirip dengan siomay. Cocok dimakan oleh anak-anak karena isinya berupa bengkoang, talas, campuran ebi, dan kucai yang diiris. Sedangkan, kulitnya terbuat dari tepung beras dan tepung sagu yang membuat tekstur chai kwe ini kenyal dan disukai oleh anak-anak.  

Related : Makanan Khas Meranti

8. Udang singgang

Udang singgang
Source : instagram.com/homecooking_bypu3

Udang singgang adalah makanan khas Sekadau yang sudah menjadi kegemaran sejak zaman dahulu. Terbuat dari udang yang diberi garam dan direbus dengan sedikit air hingga masak. 

9. Kerupuk basah

Kerupuk basah
Source : instagram.com/ngemil_gabut

Kerupuk basah memiliki bentuk seperti pempek yang sama-sama terbuat dari ikan. Bisa disajikan basah ataupun kering. Setelah dikukus matang, makanan ini bisa langsung dimakan ataupun bisa digoreng terlebih dahulu.

10. Lempok durian

Lempok durian
Source : instagram.com/hwang_frenzdy

Dodol durian umumnya dikenal juga dengan lempok durian. Lempok durian menjadi makanan khas favorit. Cita rasanya khas, berasal dari pohon durian yang tumbuh liar di hutan-hutan Sekadau. 

11. Jimot lulon

Jimot lulon atau kue luhun adalah makanan khas Sekadau yang berbahan dasar dari beras pulut atau beras ketan. Beras ketan dibungkus dengan daun pisang yang didalamnya diberi parutan kelapa yang bercampur dengan gula. Biasa disuguhkan pada saat pesta padi, pernikahan, dan adat mulang burung.

12. Jimot renai

Jimot renai
Source : instagram.com/lisna_sitanggang

Jimot renai atau kue goreng memiliki bentuk yang berbeda dengan jimot luhon, jimot renai dibentuk seukuran dengan bola kelereng. Biasa digunakan sebagai ritual pengobatan orang yang sakit. 

Related : Makanan Khas Eropa Timur

13. Kue Rangai

Kue Rangai
Source : instagram.com/momofbrefre

Rangai berbahan dasar dari beras ketan yang disangrai dan dihaluskan dengan cara digiling, lalu ditambah gula dan kelapa parut. Setelah diacuk, dicetak dengan cetakan khusus dan dibakar dengan api sedang. 

14. Kue Satu

Kue Satu
Source : instagram.com/aiya_snackncookies

Kue yang satu ini terbuat dari beras ketan. Beras ketan yang disangrai, dihaluskan lebih halus daripada rangi, dan dicampurkan dengan gula tetapi tidak menggunakan kelapa, dan dicetak dengan cetakan khusus dan dibakar hingga matang.

15. Satu kacang

Satu kacang
Source : instagram.com/veronica.mui.372

Satu kacang adalah kue khas Sekadau yang terbuat dari kacang hijau. Kacang hijau disangrai dan dihaluskan dengan cara digiling. Lalu, campurkan dengan gula, dicetak, dan dibakar seperti satu dari beras ketan.

16. Lawar pakis

Lawar pakis
Source : instagram.com/lidyafoods

Lawar pakis merupakan sayuran yang sering dijadikan lauk oleh masyarakat. Terbuat dari sayuran pakis yang direbus, ditiriskan, dan dicampur dengan kelapa parut. Kemudian, diberi bumbu seperti garam, cabe yang sudah diulek, diberi perasan jeruk, disangrai sebentar dan diaduk dengan pakis yang sudah direbus. 

Related : Makanan Khas Lembata

17. Pindang mannung

Pindang mannung
Source : instagram.com/solusiresepmasak/

Ikan yang biasa di pindang adalah ikan menangis atau ikan mannung. Cara pembuatannya menggunakan bumbu sederhana, seperti garam, asam, dan terasi yang dicampur dengan ikan dan dibiarkan mendidih pada api kecil. 

Itulah beberapa makanan khas Sekadau yang wajib dinikmati saat berkunjung ke daerah tersebut.

Profil Mr. Koki

Mr. Koki

fun, food obsessed, vegan. I cook and eat mostly vegan. I'm also a foodie. I love to try new places and fun things on the menu. I'll share it all with you!

Related Post

Tinggalkan komentar