14 Makanan Khas Sidikalang yang Sayang untuk Dilewatkan

Sidikalang merupakan sebuah kecamatan sekaligus ibu kota dari Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara. Salah satu daya tarik dari daerah ini yaitu makanan khas Sidikalang yang enak dan unik. 

Lalu, apa saja makanan yang wajib dicicipi saat berkunjung ke daerah tersebut? Yuk, lihat daftar lengkapnya berikut ini. 

Pilihan Makanan khas Sidikalang

Berkunjung ke Sidikalang belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Adapun beberapa makanan khas Sidikalang, seperti berikut. 

1. Lappet

Lappet
Source : instagram.com/happycookingbyhms/

Lappet atau lapet menjadi makanan pasar yang menjadi kebanggan masyarakat di Sumatera Utara. Makanan khas Sidikalang ini terbuat dari bahan dasar beras yang diolah dan disajikan di dalam daun pisang yang berbentuk kerucut. Makanan ini terasa sangat gurih dengan tambahan gula merah dan parutan kelapa. 

2. Pelleng

Pelleng
Source : instagram.com/hermaansaahbanciin10

Pelleng menjadi makanan khas yang sakral. Biasanya makanan ini disajikan pada saat upacara adat atau acara-acara besar masyarakat di sana. 

Makanan ini terbuat dari olahan nasi yang ditanak hingga bertekstur keras dan diolah dengan bumbu-bumbu seperti bawang rambu, cabe, jahe, lada, santan, dan kunyit. Pelleng biasa disajikan di atas piring dengan bentuk menggunung dan disajikan dengan gulai ayam di sampingnya.

3. Durian Sidikalang

Durian Sidikalang
Source : instagram.com/ucokmf

Sidikalang menjadi pusat dari durian termanis di Sumatera Utara. Bentuk dagingnya yang besar dengan warnanya yang kuning keemasan sangat cocok untuk dinikmati bersama dengan kopi khas Sidikalang. Tidak heran, durian sidikalang menjadi salah satu makanan khas Sidikalang yang sayang untuk dilewatkan. 

Related : Makanan Khas Bengkayang

4. Ginaru

Ginaru
Source : instagram.com/mamiyosiayonathanyosephine

Ginaru sekilas tampak seperti kolak ubi. Bumbu yang digunakan dalam proses pembuatannya tergolong unik karena menggunakan kunyit, cabe, jahe, bawang, dan cikala. Bumbu tersebut dicampur ke dalam adonan ubi sehingga menghasilkan rasa gurih dan manis dalam saat bersamaan ketika masuk ke dalam mulut. 

5. Lemang

Lemang
Source : antaranews.com

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Sidikalang, Sumatera Utara memilih lemang sebagai buah tangan. Lemang terbuat dari beras ketan dan santan yang digulung dengan daun pisang dan dimasukkan ke ruas bambu untuk dibakar hingga matang. Makanan ini enak disantap saat masih hangat. 

6. Nanas pakpak bharat

Nanas pakpak bharat
Source : Unsplash.com

Nanas pakpak bharat menjadi salah satu makanan khas Sidikalang yang harus dicoba. Cita rasanya yang asam dan manis akan memberikan sensasi segar saat menikmatinya. Jangan sampai lewatkan untuk mencicipi nanas pakpak bharat ketika berada disana.

Related : Makanan Khas Aljazair

7. Pinahpah

Makanan khas Sidikalang ini terbuat dari bahan dasar bulir padi muda yang dioseng tanpa minyak di dalam belanga. 

Jika sudah matang, padi tersebut ditumbuk dengan lesung saat masih panas agar kulit padinya terpisahkan, dan diberi gula sesuai dengan selera. 

Camilan khas Sidikalang ini memiliki rasa yang renyah dan manis, cocok untuk disantap saat santai bersama dengan kerabat, keluarga dekat, dan keluarga. 

8. Ikan binauh

Makanan ini terbuat dari ikan endemik yakni ikan binauh atau ikan kaperras. Ikan binauh enak dimasak dengan cara dipanggang, diberi sambal, ataupun dibuat gulai. Cara masak ikan binauh mirip dengan pepes yang dibungkus dengan daun setelah dilumuri garam. 

9. Ikan lae lae

Ikan lae lae
Source : tripadvisor.com

Ikan lae jadi makanan khas Sidikalang yang menarik untuk dicoba. Beberapa olahan makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan lae diantaranya ikan bumbu kuning, ikan sambalado, ikan bakar, dan masih banyak lagi. Ikan ini cocok diolah menjadi berbagai menu karena dagingnya yang lembut dan empuk saat dikonsumsi.

10. Bika ambon

Bika ambon
Source : instagram.com/yang_chreesteen

Makanan khas Sidikalang ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Teksturnya yang unik dengan cita rasa legit membuat bika ambon sangat dicari oleh wisatawan. Bika ambon memiliki ciri khas warna dan tekstur yakni berwarna kuning dengan tekstur berserat dan berlubang. 

Related : Makanan Khas Luwu Utara

11. Manisan jambu

Manisan jambu
Source : instagram.com/audrys_kitchen

Masyarakat lokal banyak mengolah jambu karena produksi jambu di Sumatera Utara sangat menjanjikan. Banyak orang yang menyantap manisan jambu ditemani dengan sambal rujak. Campuran rasa segar dan pedasnya menjadi hal yang paling dinikmati oleh wisatawan. 

12. Risol gogo

Risol gogo
Source : instagram.com/resep.papa

Kelezatan makanan ini berasal dari daging ayam dan sayuran di dalamnya. Risol gogo enak dimakan saat masih hangat. Kombinasi daging, sayuran segar, dan kulitnya yang renyah wajib untuk dicoba ketika berkunjung ke Sumatera Utara.

13. Sate kerang

Sate kerang
Source : instagram.com/ig.basenk

Tidak jauh berbeda dengan sate pada umumnya, sate kerang ini ditusuk juga ke dalam lidi sebanyak 3 sampai 4 biji kerang. Makanan ini biasanya dijual dalam 3 varian rasa yaitu original, pedas, dan pedas manis. 

Related : Makanan Khas Lembata

14. Kacang sihobuk

Kacang sihobuk
Source : instagram.com/taobashop

Bagi pecinta kacang, makanan ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Kacang sihobuk merupakan kacang tanah yang sebelumnya direndam selama 3 jam hingga 5 jam kemudian dijemur dan disangrai dengan pasir. Cocok dijadikan camilan untuk menemani segala kegiatan.

Itu dia beberapa makanan khas Sidikalang. Rasanya yang enak membuat siapa saja yang mencicipi akan ketagihan.

Profil Mr. Koki

Mr. Koki

fun, food obsessed, vegan. I cook and eat mostly vegan. I'm also a foodie. I love to try new places and fun things on the menu. I'll share it all with you!

Related Post

Tinggalkan komentar