13 Makanan Khas Bengkayang yang Wajib Dicoba

Makanan khas Bengkayang diketahui memiliki cita rasa yang unik dan lezat. Sebagai pengetahuan, Kabupaten Bengkayang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat. 

Mayoritas masyarakat di kabupaten ini merupakan Suku Dayak. Tidak kalah dengan daerah lain, ada juga makanan khas Bengkayang dengan cita rasa yang lezat. 

Bengkayang sudah terkenal dengan tempoyaknya. Tapi tahukah kamu, apa saja makanan khas Bengkayang selain tempoyak? Simak selengkapnya berikut ini. 

Rekomendasi Makanan khas Bengkayang

Jika kamu berkunjung ke daerah Bengkayang, berikut beberapa makanan khas yang bisa dicicipi. 

1. Tempoyak

Tempoyak
Source : mommyasia.id

Makanan khas Bengkayang ini terbuat dari daging durian yang masih mentah dan cabai rawit yang kemudian difermentasikan. Tak heran, cita rasa tempoyak begitu asam sehingga dapat dijadikan sebagai bumbu masakan dan dapat dimakan juga sebagai pelengkap bersama lauk pauk. 

Makanan ini diburu wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Biasanya masyarakat Bengkayang menyantap makanan ini bersama nasi hangat meskipun bisa juga untuk dimakan secara langsung.

2. Pekasam Ikan

Pekasam Ikan
Source : Cookpad.com

Seperti tempoyak, pekasam ikan juga makanan dari hasil fermentasi yang terbuat dari ikan segar yang sudah digarami dan disimpan dalam wadah kedap udara. 

Makanan ini termasuk jenis sayur masuk yang sering disajikan bersamaan dengan nasi. Rasa khas asam dan asin menjadi ciri khas dari pekasam. 

3. Lemang

Lemang
Source : antaranews.com

Lemang terbuat dari beras ketan yang dicampurkan dengan santan kemudian dimasukkan ke dalam lemang atau bambu dan dibakar sampai matang. Biasa disajikan pada acara-acara tertentu saja, seperti kawainan dan upacara adat. 

Rasa gurih berpadu dengan sedikit asin yang khas jadi makanan yang wajib kamu coba kalau datang ke Bengkayang.

Related : Makanan Khas Bireuen

4. Bubur gunting

Bubur gunting
Source : resep-cara.web.app

Seperti namanya, bubur ini adalah cakwe yang cara penyajiannya harus menggunakan gunting. Potongan cakwe biasa lengkapi dengan campuran kacang kedelai ataupun kacang hijau yang telah dikupas dan direbus yang direndam dengan kuah kental dan manis. 

Bubur gunting jadi makanan favorit di Bengkayang yang pastinya dapat dengan mudah kamu temukan bila berkunjung di Bengkayang. 

5. Tabarong

Tabarong adalah makanan fermentasi yang terbuat dari potongan rebung. Bahan makanan ini kemudian didiamkan beberapa hari di dalam wadah kering agar tidak terkena cahaya matahari langsung. 

Tabarong yang telah matang dapat dijadikan berbagai olahan masakan dengan mencampurkannya bersama dengan daging ikan ataupun tulang sapi. Biasanya hanya orang-orang tua saja yang pandai untuk membuatnya.

6. Insap masum

Makanan khas Bengkayang lainnya yaitu inap masum. Makanan ini terbuat dari rebung yang telah diiris dan direndam ke dalam air bersih untuk dibiarkan selama beberapa malam hingga masak. 

Makanan ini biasa dimakan dengan mencampurnya bersama dengan daging. Rasa masam yang khas disukai oleh masyarakat Bengkayang maupun wisatawan. 

Related : Makanan Khas Suku Osing

7. Kerabu asam

Kerabu asam
Source : gencil.news

Kerabu asam disebut juga sambal asam. Kerabu adalah sambal yang terbuat dari buah asma yang dihaluskan dan dicampur dengan sambal terasi. Rasanya sangat enak bila dimakan dengan ikan asin dan nasi hangat. 

8. Bontok’ng

Bontok’ng
Source : wilbeblogger.com

Bentuk bontok’ng menyerupai lontong yang penyajiannya dicampur dengan sayuran dan kuah. Bontok’ng memiliki tekstur yang lembut dengan rasa gurih dan aroma yang wangi daripada lontong. 

Makanan ini terbuat dari daun sungkui yang banyak ditemukan di hutan Kalimantan. Makanan khas ini biasanya disajikan pada acara-acara tertentu saja seperti upacara adat dan gawai padi. Kalau kamu datang ke acara adat di Bengkayang, pastikan kamu menikmati Bontok’ng disana. 

9. Lempuk durian

Bengkayang jadi tempat penghasil durian terbaik di Indonesia. Lempuk durian adalah dodol durian yang terbuat dari durian pilihan. Makanan khas Bengkayang ini digemari oleh masyarakat Bengkayang. 

10. Kue kantong semar

Kue kantong semar
Source : akurasi.id

Kue ini berbahan dasar beras ketan yang direndam dan dimasukkan ke dalam kantong semar. Kue kantong semar menjadi kue tradisional yang digemari masyarakat Bengkayang. Biasa disajikan pada setiap acara, seperti acara adat, pernikahan, idul fitri, sampai sajian saat berbuka puasa. 

Related : Makanan Khas Bangka Selatan

11. Kue tampi

Kue tampi digemari masyarakat Bengkayang. Cara pembuatannya sama dengan kue cucur namun bentuknya tidak sebulat kue cucur. Kue ini selalu ada di setiap acara, seperti pesta, ucapan syukur, dan upacara lainnya. 

12. Kue merke

Kue merke
Source : cookpad.com

Kue merke ini bentuknya unik yaitu melingkar dengan tekstur bergerigi di sekelilingnya. Teksturnya yang renyah, membuat siapa saja ketagihan maka tidak heran kue ini menjadi oleh-oleh yang diburu oleh wisatawan. 

13. Rujak ebi

Rujak ebi
Source : cookpad.com

Di Bengkayang juga ada makanan yang dikenal dengan nama rujak ebi. Makanan ini terbuat dari pepaya muda, ubi jalar, dan bengkoang. 

Bahan-bahan tersebut kemudian disajikan bersama taburan ebi parut. Rasa makanan ini gurih dan segar. 

Itulah beberapa makanan khas Bengkayang yang enak dan wajib dicoba saat berkunjung ke daerah tersebut.

Profil Mr. Koki

Mr. Koki

fun, food obsessed, vegan. I cook and eat mostly vegan. I'm also a foodie. I love to try new places and fun things on the menu. I'll share it all with you!

Related Post

Tinggalkan komentar