19 Makanan Khas Suku Osing, Wajib Dicoba Saat Datang ke Banyuwangi

Apakah kamu pernah mencicipi makanan khas Suku Osing? Masyarakat di Jawa Timur pasti sudah tidak asing lagi dengan Suku Osing. 

Suku Osing adalah suku yang tinggal di Desa Osing atau Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Kalau kamu asli Banyuwangi atau sedang berencana berlibur kesana, sempatkan waktumu untuk sekadar berkeliling ria mencicipi makanan khas Suku Osing yang pastinya akan memanjakan lidahmu.

Kumpulan Makanan Khas Suku Osing 

Sama seperti suku adat lainnya, Suku Osing juga memiliki kebudayaan sendiri. Salah satu bentuk kebudayaan yang dimiliki yaitu makanan tradisional dari suku tersebut. 

Tak hanya sebagai kekayaan budaya, makanan khas Suku Osing juga memiliki rasa yang lezat. Berikut daftar lengkapnya. 

1. Sego tempong

Sego tempong
Source : bisnispost.com

Dalam  bahasa Osing, tempong artinya tampar. Makanan ini diberi nama tempong karena dengan memakannya saja dapat memberikan sensasi seperti ditampar. 

Sego tempong berisikan sayuran seperti bayam, kol, kenikir dan kemangi yang dipadukan dengan berbagai lauk seperti ikan, tempe dan tahu yang kemudian disiram dengan sambal kacang yang pedas. Rasanya yang unik, dijamin bikin kamu ketagihan.

2. Jangan leroban

Makanan ini sulit ditemui. Jangan leroban berisi jantung pisang muda, daun singkil atau sayur pakis. Kuah dari jangan leroban terbuat dari santan yang dimasak hingga minyaknya keluar.

3. Sego kalak

Sego kalak
Source : merahputih.com/

Untuk kamu penyuka makanan pedas, sego kalak menjadi menu yang wajib kamu cicipi saat datang ke Banyuwangi. Makanan khas Suku Osing ini memiliki cita rasa pedas yang nikmat. Biasanya, makanan ini berisi nasi dengan mie, sayur, sambal dan berbagai macam lauk.

4. Bagiak

Bagiak
Source : indonesiakaya.com

Bagiak jadi satu camilan khas Suku Osing yang sangat digemari. Camilan ini terbuat dari tepung sagu dengan banyak varian rasa, mulai dari pandan, keju, vanila, jahe, durian, nangka, dan kacang.

Related : Makanan Khas Suku Samin

5. Pindang koyong

Pindang koyong berbahan dasar dari ikan tenggiri yang harus kamu coba kalau berkunjung ke Banyuwangi. Pasalnya, makanan ini sehat dan nikmat karena dibuat dengan cara direbus bersama campuran bumbu rempah halus yang menciptakan rasa nikmat dan lezat di lidah. 

6. Pecel pitik

Pecel pitik
Source : tribunnews.com

Dalam bahasa jawa, pitik berarti ayam. Makanan khas Suku Osing ini sangat menggugah selera karena terbuat dari ayam kampung muda utuh yang telah dibumbui dan dipanggang. Pecel pitik kaya akan rasa pedas dan gurih dari taburan kelapa parutnya, cocok buat kamu penyuka pitik nihh. 

7. Sego cawuk

Sego cawuk
Source : cookpad.com

Sego cawuk adalah nasi dengan lauk pauk seperti dendeng, pepes ikan, lalapan, telur dan sebagainya. Kalau kamu memakan ini, rasa gurih dan lembutnya akan terasa di lidah karena nasinya terbuat dari campuran buah dan kelapa yang sudah diparut. Cocok sekali disantap sebagai menu sarapan. 

8. Rujak soto

Seperti namanya, makanan ini adalah perpaduan rujak dengan soto. Rujak soto berisikan timun, tempe, kangkung, tauge, babat, kikil, usus, daun turi, sambal kacang dan petis yang disiram dengan kuah kuning yang berempah. 

9. Nasi kalak

Bagi kamu penyuka mie, ini wajib untuk kamu coba. Nasi kalak terdiri atas nasi dengan dilengkapi mie kuning, wortel, buncis, daging, serundeng, dan tahu. 

Related : Makanan Khas Beijing

10. Sego bungkus

Sego bungkus terdiri atas nasi dengan berbagai lauk pauk oseng-oseng, gudeg, ikan, ayam goreng. Menariknya, kamu bisa pilih lauk pauknya sesuai selera loh!

11. Rawon

Rawon
Source : tribunnews.com

Rawon adalah hidangan sup daging dengan kuah hitam dan bumbu kluwek dengan cita rasa manis dan gurih. Rawon ini disajikan dengan nasi putih, kecambah, sambal dan kerupuk udang. 

12. Pecel rawon

Pecel rawon
Source : merahputih.com

Makanan khas Suku Osing ini merupakan perpaduan dari pecel dan rawon. Pecel adalah nasi dengan sayuran yang disiram dengan kuah kacang. Jadi, pecel rawon adalah pecel yang disiram juga oleh kuah rawon.

13. Ayam pedes

Ayam pedes terbuat dari ayam yang dibakar dan dicampur dengan kuah santan kental. Sudah banyak yang menjual ini di daerah Banyuwangi bagian selatan. Khusus buat kamu yang suka pedes, ini juga patut untuk dicoba!

14. Botok tawon

Botok tawon
Source : cookpad.com

Makanan khas dari Suku Osing ini terbilang unik sebab terbuat dari sarang lebah madu yang dibungkus dengan daun pisang. Cita rasa gurihnya yang khas tidak akan pernah kamu lupakan!

15. Sup kesrut

Sup kesrut berisi ayam dengan kuah kaldu pedas. Kalau kamu makan sop kesrut ini dijamin kamu bakal kesrut atau menahan pilek karena kepedasan.

Related : Makanan Khas Aceh Barat

16. Lontong campur

Lontong campur berisikan campuran lontong, bihun, kuah oranye, dan potongan daging kecil. Walaupun terlihat sederhana, tapi rasanya sangat kaya dan aromanya pun khas. 

17. Kupat lodoh

Kupat lodoh mirip dengan opor. Kupat dipotong dan disajikan dengan ayam kuah lodoh. Biasa disajikan pada saat Hari Raya Idul Fitri.

18. Ayam uyah asem

Ayam uyah asem atau ayam kesrut merupakan makanan khas Suku Osing. Cara buatnya dengan merebus potongan ayam bersama dengan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai rawit, terasi, gula, garam, lengkuas, dan belimbing wuluh. 

Related : Makanan Khas Bireuen

19. Pelasan uling

Pelasan uling
Source : kompas.com

Pelasan dalam bahasa Osing adalah pepes. Pelasan uling adalah pepes dari ikan sidat atau ikan uling di Banyuwangi. Ikan ini dinilai sangat enak dan bergizi

Nah, itu dia beberapa makanan khas Suku Osing yang bikin ketagihan. Kamu bisa mencicipi makanan tersebut saat berkunjung ke Banyuwangi.

Profil Mr. Koki

Mr. Koki

fun, food obsessed, vegan. I cook and eat mostly vegan. I'm also a foodie. I love to try new places and fun things on the menu. I'll share it all with you!

Related Post

Tinggalkan komentar