10 Makanan khas Majene yang Terkenal Lezat

Datang ke Sulawesi Barat, belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas Majene. Wilayah yang berbatasan dengan Kota Mamuju ini memiliki beberapa kekayaan daerah yang khas. 

Salah satu kekayaan yang dimilikinya yaitu makanan tradisionalnya. Saat berkunjung ke tempat ini, cobalah mampir ke rumah makan sekitar untuk mencicipi olahan masakan khas Majene yang enak dan nikmat.

Pilihan Makanan khas Majene

Saat datang ke tempat baru, aktivitas yang tak boleh terlewatkan yaitu berburu kuliner khas daerah tersebut. Jika kamu akan berkunjung atau mungkin sedang berada di Sulawesi Barat, berikut beberapa makanan khas wajib dicicipi. 

1. Sokkol Ubi

Sokkol Ubi merupakan makanan yang banyak dijumpai di wilayah Sulawesi Barat. Makanan ini dibuat dari bahan-bahan, seperti;  kacang hijau, parutan kepala dan pastinya singkong atau ubi.

Seluruh bahan kemudian dicampur dan ditambah gula putih sebagai pemanis alami. Setelah itu, bahan-bahan tersebut dibungkus menggunakan daun pisang dan dikukus. Makanan ini memiliki rasa yang manis dan gurih, sehingga cocok untuk menjadi camilan.  

2. Apang mandar

Apang mandar
Source : instagram.com/isittich

Makanan khas Majene lainnya yaitu apang mandar. Sekilas makanan ini mirip dengan kue apem yang banyak dijumpai di Pulau Jawa. 

Tapi ternyata, apang mandar ini berbeda dengan kue apem. Apang mandar dibuat tanpa tape, bahan-bahan yang dibutuhkan hanya tepung beras dan gula merah. 

Kue tradisional ini biasanya disajikan bersama parutan kelapa. Maka dari itu, cita rasanya menjadi lengkap. 

3. Bau peapi

Bau peapi
Source : instagram.com/ucipalupi

Jenis makanan tradisional lainnya yang bisa kamu dapatkan saat berada di Sulawesi Barat yaitu bau peapi. Menurut bahasa setempat, bau peapi berarti ikan yang diolah atau dimasak. 

Dari sini kita bisa mengetahui bahwa bahan utama masakan ini yaitu ikan. Jenis ikan yang digunakan tidak bisa sembarangan, hanya ikan cakalang atau tuna yang biasanya diolah menjadi bau peapi.

Alasannya, karena ikan ini memiliki rasa yang khas. Kenikmatan makanan ini semakin lengkap dengan tambahan bumbu rempah.

Related : Makanan Khas Aceh Besar

4. Kue buah rengas

Kue buah rengas
Source : instagram.com/quenbie_kost_medan

Kue buah rengas merupakan gorengan yang bahannya berasal dari tepung terigu, kacang hijau, dan gula aren. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur menjadi satu adonan dan digoreng sampai matang. 

Makanan ini cukup mengenyangkan dan harganya juga sangat terjangkau. Saat datang ke Majene, jangan lupa untuk mencicipi makanan ini. 

5. Kalumpang

Kalumpang
Source :facebook.com/polmanupdate

Sekilas, makanan yang satu ini mirip dengan jepa. Perbedaannya ada pada bahan pembuatannya. 

Jepa berbahan dasar ubi, sedangkan kalumpang dibuat dari sagu yang dipanggang di atas alat pemanggang tradisional dari tanah liat. Bagi masyarakat Majene, kalumpang menjadi makanan pokok pengganti nasi. 

Saat ini, kalumpang sudah banyak variasinya. Ada kalumpang berisi gula aren dan kalumpang yang dipanggang lama sehingga teksturnya garing seperti keripik. 

6. Golla kambu

Golla kambu
Source : instagram.com/pacekomandar/

Makanan khas Majene lainnya yaitu golla kambu. Makanan ini mirip dengan wajik khas Jawa. Golla kambu memiliki rasa manis. Makanan ini terbuat dari ketan, garam, kelapa parut, kacang tanah sangrai, dan gula merah. 

Cara membuatnya yaitu dengan mengukur ketan terlebih dahulu. Setelah itu, tambahkan garam untuk menambah cita rasa makanan ini. Pada tempat berbeda, masak gula merah sampai larut. 

Kemudian, tambahkan beras ketan dan kelapa. Tambahkan juga kacang sangrai dan aduk sampai rata. Angkat dan dinginkan. Terakhir, kemas golla kambu dalam daun. 

Related : Makanan Khas Sidikalang

7. Tumpi-tumpi

Tumpi-tumpi
Source : instagram.com/mariyani.umar

Sebagian besar dari kita pasti sudah pernah mencicipi nugget ayam atau sapi. Tapi, pernahkan kamu mencicipi nugget khas Sulawesi Barat? Kamu tidak salah dengar, di daerah tersebut memang ada nugget tradisional yang dikenal dengan nama tumpi-tumpi. 

Makanan ini terbuat dari daging ikan yang sudah dihaluskan. Kemudian, dicampur dengan kelapa lalu digoreng. Biasanya tumpi-tumpi ini dihidangkan saat acara adat. 

8. Toppa ikan tuna

Toppa ikan tuna
Source : facebook.com/profile.php?id=100013890096715

Selain tumpi-tumpi, olahan ikan lainnya yang berasal dari Sulawesi Barat yaitu toppa ikan tuna. Seperti namanya, makanan ini terbuat dari ikan tuna. 

Ikan tersebut kemudian dimasak bersama rampah. Makanan ini berwarna kuning dengan rasa gurih. Warna kuning toppa ikan tuna berasal dari bumbu tradisional, bukan dari pewarna. 

9. Roti pawa

Roti pawa
Source : instagram.com/ichasavitry

Pecinta makanan manis wajib mencicipi makanan khas Majene yang satu ini. Roti pawa sekilas mirip bakpao. Perbedaan antara roti pawa dan bakpao yaitu ada pada isinya. 

Jika bakpao biasanya berisi coklat atau perasa lainnya, roti pawa berisi parutan kelapa dan gula merah. Dengan demikian rasanya menjadi autentik dan nikmat.

Related : Makanan Khas Meranti 

10. Bolu paranggi

Bolu paranggi
Source : instagram.com/kuliner.ciledug

Bolu paranggi atau beppa paranggi merupakan makanan ringan yang terbuat dari gula aren, tepung beras, singkong, dan tape. Bentuknya kecil dan mekar. Cara membuatnya cukup mudah, kamu hanya perlu mencampur seluruh bahan. Kemudian cetak dan kukus sampai matang. 

Nah, itulah beberapa makanan khas Majene yang rasanya enak dan autentik. Kamu bisa mencicipi makanan tersebut saat berkunjung ke daerah tersebut. 

Profil Mr. Koki

Mr. Koki

fun, food obsessed, vegan. I cook and eat mostly vegan. I'm also a foodie. I love to try new places and fun things on the menu. I'll share it all with you!

Related Post

Tinggalkan komentar