13 Makanan Khas Meranti yang Rasanya Tidak Mengecewakan

Pernahkan kamu mencicipi makanan khas Meranti? Saat berkunjung ke daerah ini, cobalah untuk mencicipi beberapa makanan khasnya dijamin tidak akan kecewa. 

Lalu, makanan apa sajakah yang menjadi kuliner khas Meranti? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Makanan khas Meranti yang Rasanya Enak

Meranti merupakan kabupaten di Provinsi Riau dengan ibukota Selatpanjang. Kota Selatpanjang sendiri punya julukan sebagai kota sagu karena termasuk daerah Kawasan Pengambangan Ketahanan Pangan Nasional sebagai penghasil sagu terbesar di Indonesia. 

Selatpanjang menjadi jalur pelayaran dan perdagangan internasional di Selat Malaka di Malaysia dan Singapura juga berada di Kawasan Segitiga Pertumbuhan Ekonomi Indonesia-Malaysia-Singapura. Dengan begitu, terjadi peleburan budaya dan tradisi sehingga makanannya pun beragam. 

Setidaknya, ada 300 jenis makanan khas Meranti yang berasal dari sagu. Berikut beberapa makanan khas dari daerah tersebut yang rasanya tidak mengecewakan. 

1. Rama-rama lada hitam

Rama-rama umumnya hidup di tepian laut yang bentuknya menyerupai lobster yang memiliki capit seperti kepiting dan ekornya yang mirip dengan bentuk kalajengking. Makanan ini dimasak dengan lada hitam dengan cabe, saus tomat, nanas, kacang giling dengan jumlah minyak yang banyak. Makanan ini termasuk makanan yang lezat dan langka. 

2. Lontong sayur

Lontong sayur
Source : instagram.com/foodjournalyk

Meskipun lontong sayur bukan makanan asli Selatpanjang, namun makanan ini sangat populer di Selatpanjang. Kuah sayur yang terus mengalami inovasi namun yang masih asli adalah lontongnya yang masih menggunakan pembungkus daun pisang. 

3. Lempeng sagu

Lempeng sagu
Source : instagram.com/adyan_harahap

Lempeng Sagu merupakan makanan khas Meranti yg diolah menggunakan sagu yang biasanya disajikan pada saat sarapan oleh masyarakat Meranti. Perpaduan antara rasa sagu bercampur gurihnya kelapa dan manisnya gula membuat lempeng sagu memiliki rasa khas yg tersendiri. Lempeng Sagu enak dimakan dengan Sambal Terung Asam dan Ikan Asin Gembung Bakar.

Related : Makanan Khas Suku Osing

4. Miso

Miso semacam mie kuah yang terdiri atas mie kuning dan bihun rebus yang ditaburi dengan tahu, daging ayam, bawang goreng, irisan seledri dan disiram  dengan kuah sup dan dipadukan kecap dan cabe rawit. Miso memiliki rasa asin dan pedas yang nikmat di lidah.

5. Mie sultan

Mie sultan
Source : food.grab.com

Mie sultan khas Meranti ini terdiri atas campuran mie kuning rebus, tauge, irisan mentimun, bakwan udang, bawang goreng tabur, dan irisan seledri. Kuah dari mie sultan terasa pedas dan terlihat kental. Rasa pedasnya akan buat kamu ketagihan!

6. Mie sagu

Mie sagu
Source : Cookpad.com

Mie sagu dari Meranti ternyata sudah terkenal hingga ke luar negeri. Umumnya mie sagu disajikan dengan digoreng dengan taburan kucai, tauge, udang, dan ikan teri. Warna mie sagu berwarna agak bening, bertekstur kental,  dan berukuran lebih besar.

7. Mie kuah udang

Mie kuah udang
Source : instagram.com/dapur.malaka

Makanan khas Meranti ini terbuat dari mie kuning yang dipadukan dengan kuah kaldu gurih dan lezat. Cara membuatnya dengan menumis bumbu, masukkan udang dan air. Bila telah mendidih, masukkan mie dan tambahkan dengan merica, gula, garam, dan telur yang dimasak hingga matang.

Related : Makanan Khas Bitung

8. Kue bangkit

kue bangkit
Source instagram.com/na.icha.8877

Kue ini cocok bila disajikan dengan teh hangat. Masyarakat Meranti biasa menyajikannya pada saat lebaran Idul Fitri untuk menjamu para tamu yang berkunjung ke rumah. 

Makanan ini dibuat dari bahan-bahan seperti; tepung sagu, daun pandan, gula, margarin, susu, dan air. Tepung sagu dan daun pandan harus disangrai terlebih dahulu. Setelah itu, dicampur dengan bahan lain, diuleni, lalu dicetak dan dipanggang dalam oven sampai matang.  

9. Kerupuk sagu

Makanan khas Meranti ini dicari-cari oleh pendatang untuk dijadikan buah tangan yang hanya bisa didapat di Kota Sagu dengan rasa yang khas. Seperti namanya, kerupuk ini terbuat dari sagu. Cara masaknya seperti kerupuk mentah pada umumnya yang digoreng di dalam minyak goreng panas dalam keadaan terendam. 

10. Bubur sagu

Bubur sagu
Source : sajiansedap.com

Bubur sagu merupakan bubur yang dibuat dengan menggunakan sagu rendang yang bentuknya menyerupai mutiara-mutiara kecil. Cara pembuatannya dengan merebus gula merah, gula pasir, dan daun pandan. Lalu, masukkan sagu rendang yang telah mengembang dan agak lembek dengan perlahan dan sambil diaduk.

11. Putu

Putu
Source : instagram.com/jajananjambi

Putu adalah hidangan yang terbuat dari tepung beras, gula merah, serta ada yang menyajikannya dengan parutan kelapa. Kue ini memiliki rasa yang gurih dan manis. Kue putu tidak hanya berbentuk silinder melainkan ada juga yang berbentuk pipih seperti piring seperti yang dijumpai di kalangan masyarakat Meranti.

Related : Makanan Khas Bangli

12. Sempolet

Sempolet
Source : instagram.com/susi.suryati.3785

Sempolet merupakan salah satu makanan yang berbahan dasar sagu yang dicampur dengan sayuran dan ikan seperti teri atau udang. Sempolet sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu dan menjadi kegemaran beberapa pejabat di Meranti. Sempolet sering disuguhkan pada perhelatan pemerintahan di Meranti.

13. Kepurun

Makanan khas Meranti ini sekilas mirip dengan papeda bahkan cara pembuatannya pun tidak jauh berbeda. Kepurun terbuat dari sagu yang diberi bumbu kuah. Teksturnya seperti jelly dengan warna abu-abu dan tidak memiliki rasa. 

Nah, itulah beberapa makanan khas Meranti yang bisa kamu cicipi saat berkunjung ke Meranti. Dijamin rasa makanan tersebut tidak akan mengecewakan.

Profil Mr. Koki

Mr. Koki

fun, food obsessed, vegan. I cook and eat mostly vegan. I'm also a foodie. I love to try new places and fun things on the menu. I'll share it all with you!

Related Post

Tinggalkan komentar