7 Makanan Khas Bangli, Lezat dan Terfavorit

Bangli merupakan nama Kabupaten yang ada di Bali. Di tempat ini, Kamu bisa menjumpai makanan khas Bangli yang rasanya nikmat.

Selain menjadi tujuan wisata, Bali juga punya beragam kuliner salah satunya yang ada di Kabupaten Bangli. Kabupaten ini punya banyak makanan lezat dan termasuk favorit di Bali.

Apa sajakah makanan khas Bangli ini? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pilihan Makanan Khas Bangli Bali

Bali tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona. Bali juga memiliki sejumlah makanan yang menggoda selera.

Salah satu tempat di Bali yang menyediakan makanan enak yaitu Kabupaten Bangli. Berikut merupakan 7 makanan khas Bangli yang wajib Kamu coba saat berkunjung ke daerah ini.

1. Ayam Be Keren

Ayam Be Keren
Source : nimadesriandani.wordpress.com

Makanan khas pertama yang wajib dicoba berada di Bangli yaitu ayam be keren. Seperti namanya makanan ini merupakan makanan olahan dari ayam yang dibumbui dengan bumbu khas dari Bangli.

Olahan ayam be keren ini mirip dengan makanan khas Bali yaitu ayam betutu. Dulunya makanan khas dari Bangli ini hanya disajikan di kerajaan dan bisa ditemukan pada saat acara perayaan saja.

Namun kini, Kamu bisa menemukan kuliner khas ini dengan mudah khususnya saat berkunjung ke daerah Bangli. Keunikan dari olahan ayama ini yaitu dimasak dalam waktu yang alam yaitu sekitar 12 jam.

Ayam dimasak dengan dibungkus daun pisang dengan rapat dan dibakar dengan sekam dan sabut kelapa. Cara pengolahan seperti ini membuat ayam be keren memiliki rasa yang khas dan enak.

2. Be Jair Nyat-Nyat

Be Jair Nyat-Nyat
Source : Cookpad.com

Makanan selanjutnya ada be jair nyat-nyat yang merupakan makanan khas Bangli dengan ikan Mujair sebagai bahan utamanya. Nyat-nyat disini berarti air surut dalam hal ini dimaksudkan bahwa ikan Mujair dimasak dengan bumbu lalu diberi air dan dimasak hingga air surut.

Makanan ini memiliki cita rasa gurih dan sedap. Makanan ini sangat cocok dinikmati bersama nasi hangat, sambal matah khas Bali, dan lalapan.

Related : Makanan Khas Kuala Lumpur

3. Jaja Geti-Geti

Jaja Geti-Geti
Source : ayobali.net

Jaja geti-geti merupakan makanan khas Bangli yang wajib Kamu coba saat berada di Bangli. Jaja geti-geti termasuk camilan yang bisa menjadi sajian saat bercakap dengan teman atau keluarga.

Makanan ini hanya dapat ditemukan di Pasar Bangli saja, tempat lain jarang bahkan tidak ada yang menjual makanan khas Bangli ini. Jadi, saat Kamu sedang berada di Bali dan ingin mencicipi makanan ini dapat langsung mengunjungi Pasar Bangli.

4. Sueg

Sueg
Source : Travel.kompas.com

Sueg merupakan makanan tradisional dari Bangli. Sueg terbuat dari umbi-umbian yang diolah menjadi kue.

Sueg ini termasuk sulit ditemukan karena termasuk umbi-umbian musiman dan hanya panen satu tahun sekali. Makanan ini olah dengan cara mengupas umbi, memotong, mengukus, dan menambahkan parutan kelapa di atasnya.

Perpaduan rasa umbi sueg dengan gurihnya parutan kelapa akan menyatu dan menjadi kesatuan rasa yang unik. Camilan ini cocok dinikmati bersama dengan kopi atau teh hangat.

5. Loloh Cemcem

Loloh Cemcem
Source : yahoo.com

Selanjutnya yang bisa Kamu coba saat berada di Bangli yaitu loloh cemcem. Bukan makanan berat dan camilan melainkan minuman khas Bangli. Loloh cemcem ini merupakan jamu yang wajib Kamu coba saat berada di Bali.

Jamu ini juga memiliki campuran seperti air kelapa, kayu manis, buah kelapa, daun sirih, daun dadap air dan gula aren. Selain unik, minuman ini juga menyehatkan tubuh karena terbuat dari bahan-bahan alami.

Related : Makanan Khas Lembata

6. Nasi Kajeng

Nasi Kajeng
Source : ayobali.net

Jika Kamu seorang muslim maka jangan pernah mencoba makanan khas Bangli yang bernama Nasi Kajeng. Pasalnya, makanan ini dibuat dengan campuran daging babi.

Nasi kajeng merupakan nasi putih dihidangkan dengan sate lilit, jawar, daging babi, dan jukur ares. Sebagai makanan khas, nasi kajeng cukup mudah dijumpai di beberapa tempat di Bangli.

7. MiBabi

Makanan lain yang juga bisa ditemui di Bali yaitu MiBabi. Mie instan ini diproduksi di bali dan memiliki rasa yang enak.

Mie ini memiliki dua varian yaitu goreng dan enak. Kedunya sama-sama memiliki rasa yang enak.

Untuk menambah cita rasanya, mie ini biasnaya dinikmati bersama abon. Makanan ini sangat cocok dinikmati selagi panas.

Itulah sejumlah makanan khas Bangli yang memiliki cita rasa unik namun tetap lezat. Saat berkunjung ke Bangli, jangan lupa untuk mencicipan makanan tersebut.

Profil Mr. Koki

Mr. Koki

fun, food obsessed, vegan. I cook and eat mostly vegan. I'm also a foodie. I love to try new places and fun things on the menu. I'll share it all with you!

Related Post

Tinggalkan komentar