15 Makanan Khas Kayuagung yang Memanjakan Lidah

Kayuagung merupakan kecamatan sekaligus ibu kota dari Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Terdapat pesona wisata indah di Kayuagung yang dapat memanjakan mata. Tidak hanya itu saja, ada juga makanan khas Kayuagung yang dapat memanjakan lidahmu. 

Lalu, apa saja kuliner khas dari daerah tersebut? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Daftar Makanan Khas Kayuagung yang Harus Dicoba

Belum lengkap rasanya jika berlibur tidak mencicipi makanan khas dari tempat tersebut. Saat kamu berkunjung ke Kayuagung, berikut daftar makanan khas Kayuagung yang dapat kamu cicipi. 

1. Bolu cupu

Bolu cupu
Source : instagram.com/nyonya.bakery

Bolu cupu memiliki bentuk bulat yang terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, vanili, dan tepung terigu. Dinamakan bolu cupu karena proses pembuatannya masih sangat tradisional, seperti memakai alat kocokan telur manual dan oven tungku.

Tekstur makanan khas Kayuagung ini lembut dan rasanya manis legit sehingga disukai oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. 

2. Buah hongas

Buah hongas
Source : kayuagungradio.com

Tidak seperti namanya, ini bukan sejenis buah-buahan. Buah hongas adalah makanan sejenis gorengan yang melegenda bagi masyarakat Kayuagung. 

Gorengan ini terbuat dari bahan dasar pisang kepok yang dicampur dengan tepung terigu, garam, vanili, gula halus, telur, margarin, dan kelapa parut. Setelah itu, seluruh bahan digoreng dengan minyak panas sesendok demi sesendok hingga berwarna coklat.

3. Sambal lingkung

Sambal lingkung
Source : instagram.com/gelam.gambut

Makanan khas Kayuagung ini rasanya sedap dan enak. Untuk pembuatannya dengan cara ikan gabus dan jahe dikukus dan ditumbuk. 

Selanjutnya, ikan gabus, kecap manis, lada, garam, penyedap rasa dimasukkan ke dalam bumbu yang telah ditumis. Setelah itu, tambahkan juga kelapa sangrai sehingga rasanya semakin nikmat. 

Related : Makanan Khas Kuala Lumpur

4. Kerupuk/kemplang

kemplang
Source : instagram.com/tommy_immotz

Kerupuk khas Kayuagung ini terbuat dari ikan gabus. Biasanya dijual dengan harga 120.000 per kg. Tekstur makanan ini gurih, renyah, dan memiliki cita rasa ikan yang khas. Rasanya yang enak membuat makanan ini wajib ada di meja makan.

5. Ragit

Ragit
Source : instagram.com/derajat.rasa

Ragit adalah makanan khas Kayuagung yang terbuat tepung terigu, air, telur, dan garam. Makanan tersebut biasanya dimakan dengan kari ayam atau sapi. Makanan tersebut biasanya dimakan dengan roti jala dan biasa disajikan pada saat hajatan.

6. Burgo

Burgo
Source : wikipedia.org

Burgo termasuk makanan unik yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung sagu. Makanan ini biasanya disajikan dengan kuah burgo dan bahan perlengkapan yaitu telur rebus. 

Makanan ini juga menggunakan banyak rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe, lengkuas, dan ketumbar yang dapat menambah ciri khas rasanya.

Related : Makanan Khas Bitung

7. Pempek ikan parau

Pempek ikan parau
Source : instagram.com/henni_bundanyadzakidavina

Sesuai dengan namanya, makanan ini berbahan dasar dari ikan parau. Ikan tersebut digiling bersama dengan tulangnya sehingga memiliki rasa yang sangat khas. Kelebihan pempek ini rasanya lebih gurih daripada pempek dengan daging ikan yang digiling halus. 

8. Martabak HAR

Martabak HAR
Source : instagram.com/arie.mr

Martabak memang bisa kamu jumpai di daerah lainnya. Sekilas tampilan dan bahanya pun tidak jauh berbeda dengan martabak pada umumnya. Bedanya terdapat pada cara penyajiannya karena martabak HAR disajikan bersama kuah kari bercita rasa gurih yang tentunya sangat melezatkan.

9. Gulo puan

Gulo puan
Source : instagram.com/gulopuanaslipalembang

Gulo puan adalah makanan khas Kayuagung yang terbuat dari olahan susu kerbau rawa pedesaan di kawasan rawa-rawa Sumatera Selatan. Puan berarti “susu” dalam bahasa daerah Sumatera Selatan. Rasanya mirip keju manis yang sangat sedap kalau dimakan sebagai campuran minum kopi, olesan roti, ataupun pisang goreng. 

Related : Makanan Khas Larantuka

10. Pindang

Pindang
Source : instagram.com/mammeebakery

Pindang adalah ikan yang digarami, dan dibumbui. Kemudian, ikan tersebut diasapi atau direbus hingga kondisi kering, dengan begitu ikan dapat tahan lama. Pindang tersedia dengan berbagai varian, antara lain pindang ikan, pindang tulang, hingga pindang udang. 

11. Tekwan

Tekwan
Source : instagram.com/thia_khodizahh

Tekwan sudah biasa dijumpai di Sumatera Selatan. Tekwan adalah makanan khas Kayuagung terbuat dari sagu dan ikan yang diolah menjadi bentuk kecil dan bulat. Dalam seporsi tekwan terdapat hidangan pelengkap, seperti mie bihun, daun bawang, bengkoang, dan seledri.

12. Mie celor

Mie celor
Source : instagram.com/firafooddiary

Makanan khas ini berbahan dasar utama mie dan udang. Selain itu, mie celor juga dilengkapi dengan bahan pelengkap, seperti; tauge, telur, daun seledri, perasan jeruk nipis, dan kuah santan. Uniknya, bahan-bahan tersebut sebelum dimasukkan ke kuah santan harus disiram air panas terlebih dahulu. 

13. Tempoyak durian

Tempoyak durian
Source : instagram.com/parboaboa

Makanan ini terbuat dari buah durian yang difermentasi. Tempoyak menjadi lauk pengganti nasi karena rasanya yang asam dan aromanya yang menyengat. Tak hanya itu, makanan khas Kayuagung juga bisa disajikan sebagai campuran untuk sambal. 

Related : Makanan Khas Aceh Barat

14. Model

Model
Source : instagram.com/resepneti/

Model merupakan makanan yang dibuat dari adonan yang sama dengan pempek kapal selam. Bedanya, terdapat pada isiannya. 

Makanan ini dibuat dengan isian tahu kemudian digoreng. Penyajiannya bersama dengan kuah yang terbuat dari kaldu udang dan ditambahkan bahan pelengkap, seperti mie bihun, timun, dan ebi.

15. Lakso

Lakso
Source : instagram.com/nasisamin.syaikhoh

Lakso ini mirip dengan burgo. Perbedaannya terdapat pada kuahnya yang berbentuk seperti mie dan kuah lakso lebih kental dan gurih. Akan tambah nikmat jika dinikmati bersama taburan bawang goreng.

Itulah beberapa makanan khas Kayuagung yang enak dan nikmat.

Profil Mr. Koki

Mr. Koki

fun, food obsessed, vegan. I cook and eat mostly vegan. I'm also a foodie. I love to try new places and fun things on the menu. I'll share it all with you!

Related Post

Tinggalkan komentar