17 Makanan Khas Larantuka yang Menjadi Incaran Wisatawan

Larantuka merupakan kota kecil yang terletak di ujung timur Pulau Flores. Selain terkenal dengan pesona alamnya yang indah, makanan khas Larantuka juga terkenal enak. 

Jika kamu berlibur ke Larantuka, cobalah untuk mencicipi beberapa makanan khas dari daerah tersebut. Berikut beberapa pilihan makanan Larantuka yang sering jadi tujuan wisata kuliner pelancong. 

Daftar Makanan Khas Larantuka

Larantuka bisa menjadi tujuan wisata saat berkunjung ke Flores Timur. Saat datang ke tempat ini, kamu bisa menikmati pemandangan yang luar biasa. Sembari menikmati pesona alamnya, kamu juga bisa mencicipi makanan khas Larantuka, berikut ini. 

1. Manuk tapo sewut

Manuk tapo sewut
Source : instagram.com/denysalman

Manuk artinya ayam, tapo artinya kelapa, dan sewut artinya campur. Dari namanya, kita bisa mengetahui bahwa makanan ini berasal dari bahan utama ayam dan kelapa. 

Cara pembuatannya pun cukup sederhana yakni dengan memanggang ayam kampung hingga matang dan dagingnya dipotong kecil-kecil. Lalu, campur ayam dengan bahan lain seperti kelapa parut, bawang merah, garam, daun sereh, kemangi, dan jeruk nipis.

2. Manisan bidara

Manisan bidara
Source : instagram.com/meishazulfani

Bidara dikenal sebagai buah yang kaya manfaat karena mengandung anti oksidan. Bidara disajikan dengan dibuat menjadi manisan atau direndam untuk diminum air rendamannya. Manisan bidara cocok dimakan sebagai camilan dan merupakan oleh-oleh wajib khas Larantuka. 

3. Bloma

Makanan khas Larantuka ini diketahui sudah sulit untuk ditemui. Cara memasaknya unik yakni dengan memasukkan bahan ke dalam sebuah bambu dan dibakar selama 2 jam. Untuk kamu yang muslim, harap diperhatikan karena tidak menutup kemungkinan makanan mengandung daging babi. 

Related : Makanan khas Cappadocia

4. Kue rambut

Kue rambut
Source : instagram.com/dunialoka.id

Kue rambut ini merupakan camilan yang terbuat dari bahan tepung beras, gula aren, air, santan, garam, air nira, dan minyak goreng. Bentuknya yang menyerupai rambut karena pada saat menggorengnya menggunakan cetakan dari batok kelapa atau kaleng yang sudah diberi lubang. 

5. Jagung titi

Jagung Titi
Source : tegar.id

Makanan khas Larantuka ini menjadi camilan yang disukai oleh masyarakat Larantuka sebagai teman makan di waktu senggang sembari minum kopi. Jagung titi punya dua rasa, ada yang original dan manis. Untuk membuatnya, jagung digoreng tanpa minyak kemudian ditumbuk tapi tidak sampai halus. Kalau ingin rasa manis, sebelum ditumbuk tambahkan air gula. 

6. Rumpa rampe

Rumpa rampe
Source : instagram.com/dapoerbingits

Rumpa rampe dalam bahasa Nagi (bahasa Larantuka) mempunyai makna “ramai”, “banyak” atau “beragam” karena terbuat dari campuran berbagai jenis sayuran. Umumnya, masyarakat menyebut makanan ini sebagai tumis bunga pepaya. Rumpa rampe paling enak dimakan kalau sama ikan goreng dan sambal.

7. Rebok

Rebok merupakan camilan ringan yang berbahan dasar dari adonan tepung beras dan parutan kelapa. Biasanya disajikan kepada tamu saat upacara adat. Kurang lebih rasanya mirip sagon khas Jawa Tengah, namun bentuknya tidak bulat melainkan bubuk.

Related : Makanan Khas Meranti

8. Jagung bose

Jagung bose
Source : instagram.com/dapurlewatgarasi

Terbuat dari jagung yang diolah bersama dengan kacang merah, santan, dan kacang tanah. Makanan ini biasa dijadikan sebagai menu sarapan ataupun makan malam. Jagung bose sudah dianggap sebagai pengganti nasi.

9. Kolo

Kolo
Source : instagram.com/amazingflorestour

Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak dalam sebilah bambu berukuran 30 cm. Biasa dihidangkan saat upacara adat. Cara makannya dengan menambahkan kuah ayam agar tekstur nasi kolo semakin terasa empuk dan cita rasanya pun akan semakin nikmat. 

10. Ohu ai prungan

Ohu ai prungan terbuat dari ubi kering yang ditumbuk kemudian dicampur dengan garam, kelapa parut, dan ikan teri. Rasanya yang gurih cenderung asin akan buat ketagihan.

11. Ikan kuah belimbing

Ikan kuah belimbing
Source : instagram.com/recipe.tastyfoodie

Makanan khas Larantuka ini tidak jauh berbeda dengan ikan kakap merah kuah asam. Akan tetapi, perbedaanya hanya dari rempah kuah yang dibuat. Ikan kuah belimbing ini menggunakan kuah dengan bahan belimbing wuluh, tomat, dan jenis sayuran lain.

Related : Makanan Khas Venezuela

12. Pelepah manuk

Pelepah manuk
Source : instagram.com/suka.kulineranenak

Makanan ini terbuat dari bahan utama burung, namun saat ini menggunakan ayam kampung. Cara pembuatannya yaitu ayam yang sudah dibersihkan, dibakar, dan dimasak lagi dengan cara direbus dengan air santan. Tentu saja, bumbu atau rempah-rempah menjadikan cita rasa enak yang khas. 

13. Karmanaci

Karmanaci
Source : instagram.com/dapurkeluargacinere

Karmanaci terbuat dari daging yang sudah dipotong tipis, direbus dengan gula, kecap, jahe, dan pala. Setelah matang, daging ditumis dengan rempah-rempah yang khas. Makanan ini biasanya disantap dengan nasi hangat ataupun jagung bose. 

14. Tumis bunga pepaya

Tumis bunga pepaya
Source : instagram.com/1001racikansedap

Sekilas mirip dengan rumpu rampe. Bahan utamanya adalah bunga pepaya dan daun singkong dengan ikan teri sebagai pelengkapnya. Rasanya akan sedikit pahit, namun tetap gurih dikarenakan rempahnya.

15. Kena kita

Bahan yang mendasari makanan khas Larantuka ini yaitu kacang dan umbi-umbian. Keduanya dimasak dengan cara direbus hingga menjadi bubur. Sangat unik karena penyajiannya ditambah dengan cabai dan parutan kelapa.

Related : Makanan Khas Lembata

16. Aka bilan

Aka bilan
Source : instagram.com/bikinkerenindonesia

Aka bilan juga termasuk makanan khas dari Larantuka. Cara pembuatan aka bilan tidak terlalu sulit karena bahannya hanya terdiri atas sagu, kacang hijau, dan parutan kelapa. 

Semua bahan dicampur menjadi adonan dan tambahkan sedikit garam. Setelah itu dimasak dengan cara dibakar dengan wadah khusus yang bernama babilak atau sejenis piring dari tanah liat. 

17. Ikan kakap merah kuah asam

Ikan kakap merah kuah asam
Source : instagram.com/lenny_odelia_tan

Seperti namanya, makanan ini terbuat dari ikan kakap yang dimasak dengan kuah asam. Kuahnya menggunakan sayuran yang sesuai dengan selera. Sebagaimana masakan buah asam, rasa dari jenis ini juga pedas, asam, dan pastinya gurih. 

Demikian beberapa makanan khas Larantuka yang enak dan lezat. Makanan tersebut sangat cocok menemani perjalanan liburan kamu selama di Flores Timur, khususnya Larantuka.

Profil Mr. Koki

Mr. Koki

fun, food obsessed, vegan. I cook and eat mostly vegan. I'm also a foodie. I love to try new places and fun things on the menu. I'll share it all with you!

Related Post

Tinggalkan komentar