11 Makanan khas Cappadocia yang Menggugah Selera

Pamor Cappadocia beberapa waktu terakhir tengah naik daun. Tak hanya tempat wisatanya, makanan khas Cappadocia juga bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Cappadocia adalah salah satu wilayah yang ada di Turki. Tempat ini memiliki daya tarik tersendiri di hati para wisatawan.

Salah satu yang terkenal yaitu hot air ballon. Dengan menunggangi balon udara di wilayah ini, maka para wisatawan bisa melihat keindahan alam di Cappadocia dari atas udara.

Selain mengeksplor wisata alam, kamu juga bisa mencicipi beberapa makanan khas dari wilayah ini. Lantas, apa saja makanan khas Cappadocia? Berikut daftarnya yang bisa menjadi referensi untuk kamu yang hendak berkunjung ke tempat ini.

Kumpulan Makanan Khas Cappadocia

Setelah puas berpetualang di Cappadocia, kamu bisa mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Pilihan makanannya cukup beragam, rasanya juga nikmat dan unik. Penasaran, apa saja makanan khas dari Cappadocia? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Pottery Kebab Turki

Pottery Kebab Turki
Source : Tripadvisor.com

Makanan khas dari Turki yang banyak diburu wisatawan yaitu pottery kebab Turki. Makanan ini terbuat dari irisan daging sapi, kambing, atau ayam yang ditambah dengan beberapa sayuran.

Pottery kebab merupakan masakan berkuah tomat kental. Rasanya gurih dengan bumbu khas yang membuat cita rasanya semakin nikmat.  

2. Menemen Turki

Menemen Turki
Source : turkishfoods.net

Menemen Turki juga termasuk makanan khas Cappadocia yang wajib dicoba saat berkunjung ke tempat ini. Menemen merupakan makanan tradisional yang biasanya dijadikan menu sarapan masyarakat Cappadocia.

Makanan ini terbuat dari irisan tomat, bawang, dan telur orak arik. Sementara itu, bumbu yang digunakan cukup sederhana yaitu garam, merica, dan minyak zaitun. Meskipun demikian, rasanya tetap nikmat.

3. Turkish Ravioli

Turkish Ravioli
source : turkishfoods.net

Ravioli sebenarnya termasuk makanan khas Italia. Namun, makanan ini ternyata ditemukan juga di Turki dan dikenal dengan nama Turkish Ravioli.

Berbeda dengan ravioli dari Italia, Turkish ravioli ini tidak disajikan bersama saus, melainkan yoghurt dan mentega. Jika disajikan secara tradisional, ravioli khas Turki biasanya ditambahkan irisan bawang putih segar.

Related : Makanan Khas Kuala Lumpur

4. Koftur

Koftur
Source : posta.com.tr

Makanan khas Cappadocia lainnya yaitu koftur. Makanan ini merupakan sejenis permen kunyah yang rasanya manis.

Koftur terbuat dari buah anggur dan gula yang diolah dengan cara dipres. Bentuknya menyerupai cokelat atau permen jelly. Jika kamu menyukai makanan manis, koftur bisa menjadi camilan wajib yang harus dicicipi saat berkunjung ke Turki.

5. Aside

Makanan manis lainnya yang juga terkenal di Cappadocia yaitu aside. Kuliner manis ini terbuat dari campuran gula, air, tepung, dan buah anggur yang dimasak dalam wajan. Makanan ini bisa dinikmati saat masih hangat atau dingin.

6. Kebab

Kebab
Photo : Unsplash.com

Kebab merupakan makanan khas Turki yang sudah mendunia. Di Indonesia, makanan ini juga sangat mudah dijumpai.

Namun, rasanya kurang lengkap jika berkunjung ke Turki tidak mencicipi kebab. Makanan ini terbuat dari irisan daging kambing atau sapi yang dipanggng.

Daging tersebut kemudian diletakan di tengah roti pita yang gurih dan digulung. Biasanya kebab dilengkapi dengan irisan selada, tomat, dan tambahan saus yang membuat rasanya semakin lezat.

Related : Makanan Khas Karimunjawa

7. Baklava

Baklava
Source : Unsplash.com

Baklava merupakan roti manis yang biasanya disantap bersama sirup dan madu. Roti ini cocok dikonsumsi saat sore hari dan dinikmati bersama teh khas Turki.

8. Dondurma

Dondurma
Source : Unsplash.com

Dondurma merupakan es krim khas dari Turki. Es krim ini memiliki tekstur lengket menyerupai permen karet. Tekstur dondurma berbeda dengan es krim pada umumnya. Kamu bisa menjumpai es krim di foodtruck dan kios es krim di Turki.

9. Kismis Turki

Kismis Turki
Source : Unsplash.com

Makanan dari Turki lainnya yang juga patut dicoba yaitu kismis Turki. Kismis yang menjadi favorit dari negara ini yaitu kismis dari anggur merah. Bagi masyarakat Turki, buah kering ini sering menjadi camilan sehat yang dapat dinikmati sehari-hari.

10. Gilaburu-Guelder Rose

Di Cappadocia, guelder rose memiliki bentuk seperti buah. Biasanya guelder rose diolah dengan cara direndam sampai rasa pahitnya hilang.

Setelah itu, air rendamannya dikonsumsi sebagai minuman sehat. Minuman ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena guelder rose mengandung vitamin C yang tinggi.

11. Wine Lokal

Wine
Source : Unsplash.com

Minuman khas Cappadocia yang cukup terkenal yaitu wine lokal. Minuman anggur ini pertama kalo dikembangkan di Laut Hitam dan dibawa ke Cappadocia. Minuman ini semakin berkembang didukung dengan banyaknya perkebunan anggur di daerah tersebut.

Itulah sejumlah makanan khas Cappadocia yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke tempat ini. Selain rasanya yang enak, makanan tersebut juga memberikan pengalaman wisata kuliner yang tidak terlupakan.

Profil Mr. Koki

Mr. Koki

fun, food obsessed, vegan. I cook and eat mostly vegan. I'm also a foodie. I love to try new places and fun things on the menu. I'll share it all with you!

Related Post

Tinggalkan komentar