15 Makanan Khas Aceh Besar yang Populer dan Rasanya Enak

Aceh Besar merupakan kabupaten dari Provinsi Aceh yang terkenal dengan tempat wisatanya yang indah. Saat berkunjung ke daerah ini tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas Aceh Besar. 

Tapi, tahukah kamu apa saja yang termasuk makanan khas dari daerah ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Rekomendasi Makanan khas Aceh Besar

Ketika berkunjung ke suatu daerah tidak lengkap rasanya apabila belum mencicipi makanan khasnya, sama halnya ketika berkunjung ke Aceh Besar. Di daerah tersebut, ada beberapa makanan khas Aceh Besar yang populer dan rasanya enak. 

Adapun beberapa makanan khas dari Aceh Besar, berikut ini. 

1. Gulai ikan gabus khas Aceh Besar

Gulai ikan gabus khas Aceh Besar
Source : instagram.com/ummu_annisa_arif_ahmad/

Sesuai dengan namanya, gulai ini terbuat dari ikan gabus. Ikan ini memiliki kandungan protein tinggi sebesar 25% yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan protein dari ikan bandeng (20%) dan ikan mas (16%). 

Tak hanya bernilai gizi tinggi, ikan ini juga memiliki tekstur lembut. Maka dari itu, makanan ini digemari banyak orang. 

2. Mie Aceh

Mie Aceh
Source : instagram.com/sukaasaljepret

Mie Aceh termasuk makanan populer dari Serambi Mekah. Mie ini memiliki rasa pedas dengan rempah yang khas. 

Tak hanya itu, penyajian mie aceh dengan toping yang bervariasi, seperti seafood, daging sapi, dan kepiting. Umumnya, mie ini ada dua varian, yaitu mie aceh goreng dan mie aceh kuah.

3. Gulai kambing khas Aceh

Gulai kambing khas Aceh
Source : instagram.com/asikbanget5758

Meskipun gulai bisa ditemukan juga di tempat lain, tetapi gulai kambing khas Aceh ini punya bumbu yang berbeda. Proses pengolahan saja menggunakan kuali yang besar. Inilah yang membuat rasanya semakin nikmat.

Related : Makanan Khas Meranti

4. Rujak Aceh

Rujak Aceh
Source : instagram.com/_melskitchen

Rujak Aceh juga termasuk makanan khas Aceh Besar. Sebenarnya, makanan ini memiliki rasa seperti rujak pada umumnya yaitu punya rasa asam, manis, dan pedas. Akan tetapi, rujak Aceh terbuat dari buah rumpia yang banyak ditemukan di daerah Aceh. 

5. Kembang loyang

Kembang loyang
Source : instagram.com/na.icha.8877

Kembang loyang adalah makanan Aceh Besar yang bentuknya seperti bunga. Makanan ini berbahan dasar tepung. Rasanya yang manis dan renyah sangat cocok untuk dimakan bersama dengan kopi pahit.

6. Manisan pala

Manisan pala
Source : instagram.com/tokojohan

Makanan ini sudah menjadi ciri khas dari Aceh Besar. Manisan pala sudah sangat populer di daerah Aceh dan menjadi komoditi terbesar dari Kabupaten Aceh Besar. Kamu juga bisa menjadikan manisan pala sebagai buah tangan. 

7. Sie reuboh

Sie reuboh
Source : instagram.com/maguen.kuliner

Makanan khas Aceh Besar ini sudah menjadi makanan yang diwariskan secara turun-temurun dan menjadi santapan yang wajib di saat bulan Ramadhan. Sie reuboh terbuat dari gumpalan daging beserta gapah yang dibumbui dengan garam, cabe merah, cabe kering, cabe rawit, dan kunyit.

Bahan-bahan tersebut kemudian direbus hingga mendidih di belanga tanpa disiram air. Wangi cukanya yang menjalar bersama dengan rasa pedas dan asam yang mendominasi rasa daging rebus ini sulit untuk dilewatkan.

Related : Makanan Khas Kayuagung

8. Kuah pliek

Kuah pliek
Source : instagram.com/ummulfakhrie

Makanan khas Aceh Besar ini memiliki cita rasa gurih yang cocok disantap selagi hangat. Kuah plik terbuat dari bahan terong hijau, daun melinjo, nangka muda, kacang panjang, buah melinjo, dan kelapa parut. 

Uniknya, parutan kelapa yang digunakan sengaja dibiarkan dalam kurun waktu tertentu hingga hingga didapatkan minyak, serupa dengan fermentasi tape. 

9. Keumamah

Keumamah
Source : instagram.com/ikankayu_mamicut

Makanan ini berbentuk seperti kayu dan punya tekstur yang keras. Disebut juga sebagai ikan kayu karena pembuatannya menggunakan ikan jenis tongkol atau cakalang

10. Ayam tangkap

Ayam tangkap
Source : instagram.com/andriasyari

Makanan ini berasal dari Aceh Besar yang memiliki aroma khas daun pandan dan kari. Dinamakan dengan ayam tangkap karena potongan dagingnya bersembunyi di antara daun kari dan daun pandan yang telah digoreng. Ayam tangkap cocok disajikan dengan kecap manis yang dicampur potongan bawang dan cabai untuk menambah rasa pedas. 

11. Kue timpahan

Kue timpahan
Source : instagram.com/suwarni3354

Makanan khas Aceh Besar ini hanya dapat ditemukan di Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Penampilan kue timpahan ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan memiliki tekstur yang kenyal.

Related : Makanan Khas Karimunjawa

12. Kue keukarah

Kue keukarah
Source : instagram.com/ojacake

Kui keukarah cocok dibeli sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Aceh. Makanan ini cocok untuk dijadikan camilan saat minum kopi di sore hari karena teksturnya yang renyah dan rasanya yang manis. 

13. Pisang sale

Pisang sale
Source : instagram.com/salepisang.asgar

Pisang sale jadi makanan tradisional yang harus dicicipi saat kamu berkunjung ke Aceh Besar. Makanan khas Aceh Besar ini terbuat dari bahan dasar pisang yang dimasak dengan cara diasap dan dibalut dengan gula tebu. 

14. Kuah sie itek

Kuah sie itek
Source : instagram.com/icut_cute

Makanan ini berbahan dasar daging itik. Dengan bumbu-bumbu khas Aceh, gulai itik ini jadi hal yang baru. Bagi pecinta daging itik, makanan ini tidak boleh terlewatkan. 

15. Kuah pliek u

Kuah pliek u
Source : instagram.com/kulineratjeh

Kuah pliek u adalah makanan berkuah yang isinya sayur sayuran. Dalam filosofi, makanan ini melambangkan kekerabatan dan keberagaman masyarakat.

Profil Mr. Koki

Mr. Koki

fun, food obsessed, vegan. I cook and eat mostly vegan. I'm also a foodie. I love to try new places and fun things on the menu. I'll share it all with you!

Related Post

Tinggalkan komentar