15 Makanan Khas Eropa Timur, Rasanya Bikin Nagih

Eropa Timur menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain menyuguhkan tempat wisata yang menawar, di sana kamu juga bisa mencicipi makanan khas Eropa Timur yang rasanya enak. 

Berikut ini sejumlah makanan khas dari Eropa Timur, catat dan jangan lupa cicipi saat datang ke Benua Biru. 

Apa Makanan Khas Eropa Timur?

Banyaknya pemandangan dan arsitektur indah di Eropa, membuat banyak orang, ingin berkunjung ke Eropa setidaknya sekali seumur hidup. Salah satu wilayah yang wajib dikunjungi saat datang ke benua tersebut yaitu Eropa Timur. 

Di sana kamu bisa mengunjungi beberapa negara yang masuk dalam wilayah Eropa Timur dan melihat bangunan dengan arsitektur yang indah. Tak hanya itu, kamu juga bisa mencoba makanan asli daerah tersebut yang rasanya bikin nagih. 

Lantas, apa saja makanan khas Eropa Timur? Berikut daftarnya yang perlu kamu ketahui. 

1. Mishka Na Severe

Mishka Na Severe
Source : instagram.com/inthekitchenwithelisa

Mishka Na Severe adalah makanan manis berasal dari Rusia. Kombinasi dari tepung, krim asam, garam, gula, mentega, bubuk kakao, soda kue, dan vanila menjadi lapisan makanan ini. Diantara lapisannya terdapat isian krim asam, gula bubuk, kenari ataupun hazelnut yang membuat makanan ini semakin lezat.  

2. Lecso

Lecso
Source : instagram.com/orsi.sass

Makanan asal Hungaria ini terbuat dari paprika dan tomat yang direbus. Biasanya lecso dimasak dan disajikan sebagai hidangan sarapan.

3. Clatita

Clatita
Source : instagram.com/sandritta.in.shape

Clatita adalah makanan khas Eropa Timur yang menyerupai pancake. Makanan ini berasalnya dari Romania. Clatita biasa disajikan dengan berbagai varian topping, seperti potongan buah, madu, ataupun selai.

Related : Makanan Khas Venezuela

4. Zapiekanka

Zapiekanka
Source : instagram.com/jack_beti_gotuj_z_nami

Makanan ini akan mudah kamu temukan di jalanan Polandia. Zapiekanka cocok dimakan pada saat sarapan. Topping jamur dan kejunya sangat enak dan kelezatannya tidak akan tertolak di lidahmu

5. Philippe desnerck

Philippe Desnerck
Source : millasmat.com

Makanan Ini termasuk kudapan yang wajib dicicipi kalau berkunjung ke Rusia. Pasalnya, makanan ini populer sebagai makanan tradisional Rusia. 

Philippe desnerck termasuk sup hangat dan dingin, seperti borshch, yang dapat dibuat dalam berbagai cara, tapi selalu menggabungkan bit. 

6. Lokshyna z shynka

Lokshyna z shynka termasuk makanan khas Eropa Timur, tepatnya dari Ukraina. Lokshyna z shynka merupakan pasta khas Ukraina yang menggunakan bahan dasar mie dan daging ham. Mie yang digunakan dalam hidangan ini merupakan mie yang lebih lebar daripada biasanya.

7. Drozdowki

Drozdowki
Source : instagram.com/karolincias

Deozdowki merupakan makanan dari Polandia yang bercita rasa manis. Roti ini sangat populer di negaranya. Makanan ini disajikan bersama topping keju, buah, ataupun gula halus yang semakin menambah kelezatannya.

Related : Makanan khas Majene

8. Sklindziai

Sklindziai
Source : instagram.com/maistofotografe

Makanan khas Eropa Timur lainnya yaitu Sklindziai atau disebut juga dengan blynai. Makanan ini terbuat dari tepung terigu dan putih telur serta disajikan dengan topping madu ataupun buah kering. 

9. Blini

Blini
Source : instagram.com/amandinecooking

Blini termasuk makanan tradisional asal Rusia. Makanan ini semacam pancake yang terbuat dari adonan tepung, telur, susu, ragi, dan sedikit garam.

Adonan lalu dituang di atas wadah panas yang membentuk lingkaran untuk digoreng selama beberapa menit di kedua sisi hingga matang merata. 

10. Oladyi

Oladyi
Source : instagram.com/emimiil

Oladyi juga menjadi makanan khas Eropa Timur yang berasal dari Rusia. Makanan ini terbuat dari adonan kefir, produk susu fermentasi dengan rasa sedikit asam. 

Tak hanya itu, ada juga bahan pendukung seperti tepung, gula, garam, dan telur. Adonan yang sudah jadi akan dibentuk bulat kemudian digoreng hingga berubah warna coklat keemasan.

Related : Makanan Khas Dabo Singkep

11. Draniki

Draniki
Source : instagram.com/vegan.naya

Draniki merupakan pancake khas Belarus yang terbuat dari adonan tepung, kentang, susu, garam, telur, merica, bawang, dan mentega. Lalu, adonan digoreng dalam wajan hingga warnanya berubah coklat keemasan di kedua sisinya.

Tidak hanya bisa digoreng, pancake kentang ini juga bisa dimasak dengan dipanggang dalam oven. Draniki biasanya disajikan dengan sesendok krim di sampingnya. lho.

12. Deruny

Deruny
Source : instagram.com/j_deleo

Deruny adalah pancake kentang khas Eropa Timur, lebih tepatnya berasal dari Ukraina. Makanan ini terbuat dari campuran kentang parut halus, bawang bombay, telur, tepung, dan krim asam.

Seluruh bahan tersebut dicampur menjadi adonan kemudian digoreng dalam wajan hingga menghasilkan pancake kecil yang berwarna agak coklat. Deruny biasa disajikan dalam keadaan panas. 

Tekstur makanan ini lembut di dalam dan renyah di luar. Dijamin ketagihan jika sudah mencicipi makanan ini.  

13. Banitsa

Banitsa
Source : instagram.com/your.fit.moments

Banitsa adalah hidangan tradisional Bulgaria yang renyah di luar. Isian dari banitsa antara lain bayam, labu, hingga susu. Makanan ini biasanya dapat disantap sebagai menu sarapan, makan siang, hingga makan malam. 

Banitsa biasa disajikan saat Natal dan Tahun Baru, meskipun begitu banitsa mudah ditemukan juga dan menjadi street food yang populer di Bulgaria.

Related : Makanan Khas Beijing

14. Kapustnica

Kapustnica
Source : instagram.com/dnes_jem

Sup tradisional yang unik ini terkenal di Slovakia. Sup kubis biasa disajikan dalam perayaan Natal sebagai makanan pembuka atau appetizer yang dihidangkan bersama tambahan sayur. 

Makanan ini diolah dengan bumbu khas Slovakia. Sup ini menghadirkan cita rasa yang enak dan bisa dinikmati oleh orang yang sedang diet. 

15.  Trdelnik

Trdelnik
Source : instagram.com/itstimetoexplore

Makanan ini banyak dijumpai saat musim dingin. Trdelnik adalah kue dengan aroma kayu manis dengan gulanya yang meleleh siap memanjakan mulur. Namun, baru-baru ini kue Trdelnik disajikan saat musim panas dengan es krim vanila di dalamnya sehingga menjadikan musim panas terik terasa semakin menyenangkan. 

Itu dia beberapa makanan khas Eropa Timur. Jangan lupa untuk memasukan makanan-makanan tersebut ke dalam destinasi wisata kuliner selama di Eropa Timur.

Profil Mr. Koki

Mr. Koki

fun, food obsessed, vegan. I cook and eat mostly vegan. I'm also a foodie. I love to try new places and fun things on the menu. I'll share it all with you!

Related Post

Tinggalkan komentar