13 Makanan Khas Dharmasraya, Cocok Dijadikan Oleh-oleh

Pernahkan kamu mencicipi makanan khas Dharmasraya? Penting untuk diketahui bahwa Dharmasraya adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Barat.

Salah satu daya tarik dari Provinsi Sumatera Barat terkenal dengan kulinernya yang lezat. Jenis makanan di Sumatera Barat sangatlah beragam. Beberapa diantaranya menjadi makanan khas dari Dharmasraya. 

Daftar Makanan Khas Dharmasraya 

Saat berkunjung ke Sumatera Barat, khususnya Kabupaten Dharmasraya, berikut beberapa makanan khas yang bisa kamu cicipi. 

1. Keripik tempe khas Dharmasraya

Keripik tempe khas Dharmasraya
Source : instagram.com/amazingmalangeats

Keripik tempe khas Dharmasraya memiliki ciri khas tersendiri. Keripik ini terbuat dari tempe kedelai tipis dan dibungkus menggunakan daun. 

Setelah itu, tempe mentah digoreng dengan tepung sagu yang telah dicampuri bumbu-bumbu alami khas. Makanan ini menjadi oleh-oleh yang diserbu oleh wisatawan karena rasanya yang renyah dan gurih. 

2. Dendeng batokok

Dendeng batokok
Source : instagram.com/er.ni8276

Selain keripik tempe, ada dendeng batokok yang menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke Dharmasraya. Makanan khas Dharmasraya ini terbuat dari daging sapi pilihan yang diiris tipis dan diproses dengan bumbu khas masyarakat setempat. Dendeng batokok punya cita rasa yang gurih dan pedas yang dapat menggugah selera.

3. Konji barayak

Konji barayak
Source : jadesta.kemenparekraf.go.id/paket/konji_baranak

Konji barayak adalah bubur candil berwarna putih yang disajikan di dalam wadah yang terbuat dari batok kelapa. Makanan khas ini terbuat dari tepung beras dan santan yang dimasak bersamaan dengan bumbu lainnya seperti gula pasir, vanili, garam secukupnya, dan daun pandan. Biasa dimakan dengan menggunakan sendok yang terbuat dari daun pisang ataupun dari batok kelapa, unik sekali ya! 

4. Kacimuih

Kacimuih
Source : instagram.com/erbubyrioalbert

Makanan khas Dharmasraya ini terbuat dari campuran parutan kelapa dan singkong. Bahan-bahan tersebut kemudian dikukus dengan santan dan disajikan dengan taburan irisan gula merah. 

Kacimuih punya rasa manis dan gurih yang akan memanjakan lidah. Maka dari itu, makanan ini jadi pilihan oleh-oleh yang disukai. Tak hanya itu, tekstur kenyalnya juga enak disantap bersama dengan teh atau kopi hangat di pagi hari. 

Related : Makanan Khas Aceh Barat

5. Puluik manih

Puluik manih
Source : instagram.com/rivhaalans

Puluik manik merupakan sejenis wajik yang terbuat dari campuran beras ketan dan santan yang enak dinikmati ketika masih hangat. Rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal akan buat ketagihan. Bagi pecinta makanan manis, ini wajib banget untuk dicoba.

6. Pinyaram

Pinyaram
Source : instagram.com/ceciliafiona

Makanan khas Dharmasraya ini dikenal juga dengan nama kue cucur. Sebenarnya kue ini berasal dari Betawi, namun masyarakat Minangkabau mengkonsumsi kue pinyaram atau cucur sejak lama. Sering juga dijadikan sebagai salah satu jamuan dalam upacara adat. 

7. Dendeng jantung pisang

Dendeng jantung pisang
Source : instagram.com/rendangomayuli

Makanan unik ini dibuat dari jantung pisang. Dendeng jantung pisang memiliki tekstur unik karena terasa lebih krispi. 

8. Dendeng daun singkong

Dendeng daun singkong
Source : instagram.com/naufalino413

Daun singkong sering dijadikan makanan oleh masyarakat Minangkabau. Rasa dendeng daun singkong antara perpaduan rasa pedas dan asin yang dominan. Teksturnya yang renyah cocok dimakan sebagai camilan dalam perjalanan.

9. Rakik maco

Rakik maco
Source : instagram.com/makanankhassalerominang

Makanan ini menjadi oleh-oleh Khas Dharmasraya yang tidak akan bisa ditemukan di wilayah lain. Rakik maco merupakan rempeyek yang digoreng dengan campuran ikan maco. Maco adalah sejenis ikan teri yang berukuran kecil dan hanya ada di Sumatera Barat.

Related : Makanan Khas Kenya

10. Bakso mangkok keju

Bakso mangkok keju
Source : instagram.com/magelangfoodview

Bakso memang mudah ditemukan juga di Pulau Jawa. Namun, bakso mangkok keju khas Dharmasraya menggunakan toping keju parut. Keunikan ini membuat banyak wisatawan maupun masyarakat lokal memburu kuliner ini. 

11. Sate padang

Sate padang
Source : instagram.com/tangsel.life

Sate padang khas Dharmasraya menggunakan bahan baku daging sapi, lidah sapi, dan jeroan sapi. Bumbu satenya terbuat dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, wijen, merica, jinten, dan utamanya adalah kunyit agar warna bumbu satenya berwarna khas. 

12. Lapek Atun

Makanan khas Dharmasraya ini biasa dijadikan takjil untuk buka puasa di bulan Ramadhan. Atun terbuat dari tepung beras. Harganya yang murah dan rasanya yang enak menjadikan atun ini diburu oleh banyak masyarakat.

13. Sala ikan

Sala ikan
Source : instagram.com/samba.uniang

Bentuk dari sala ikan mirip dengan combro tapi bahan dasarnya beda. Sala ikan dibuat dari adonan yang dicampur dengan udang atau ikan teri yang dihaluskan. 

Related : Makanan Khas Kayuagung

Secara visual, bentuknya bulat dengan rasa yang gurih dan renyah ketika digigit cocok dijadikan camilan ataupun makanan pelengkap untuk menu sate, bakso, mie goreng, dan sebagainya. 

Demikian beberapa makanan khas Dharmasraya yang rasanya enak. Kamu bisa membeli makanan tersebut sebagai oleh-oleh khas dari daerah tersebut.

Profil Mr. Koki

Mr. Koki

fun, food obsessed, vegan. I cook and eat mostly vegan. I'm also a foodie. I love to try new places and fun things on the menu. I'll share it all with you!

Related Post

Tinggalkan komentar