15 Makanan Khas Bengkulu Utara yang Populer dan Banyak Disukai

Makanan khas Bengkulu Utara tak hanya menjadi favorit masyarakat setempat saja, namun juga disukai wisatawan dari luar daerah bahkan luar negeri. Bengkulu Utara merupakan kabupaten di Provinsi Bengkulu. 

Bengkulu jadi tempat wisata populer karena terkenal dengan Bunga Rafflesia Arnoldi yang tumbuh dengan baik dan dapat dinikmati keunikannya. Selain daya tarik wisata alamnya, Bengkulu, khususnya di Bengkulu Utara, ada beberapa kuliner khas yang rasanya enak. 

Kumpulan Makanan Khas Bengkulu Utara

Saat berkunjung ke Bengkulu Utara, ada beberapa makanan asli daerah tersebut yang bisa kamu cicipi. Berikut daftar makanan khas Bengkulu Utara yang menarik untuk dicoba. 

1. Kue lepek binti

Kue lepek binti
Source : instagram.com/mamanauboulot

Makanan ini memiliki rasa yang manis dan unik. Kue ini terbuat dari santan, tepung ketan, lengkuas, dan daun salam lalu dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Kue lepek binti cukup mudah kamu jumpai di Bengkulu Utara karena banyak pedagang keliling yang menjualnya.

2. Bolu koja

Bolu koja
Source : instagram.com/nindaharisa

Makanan khas Bengkulu Utara ini memiliki tekstur yang mirip dengan kue brownies. Warna dominan dari bolu koja adalah hijau yang diperoleh dari penggunaan daun pandan dan daun suji. Bolu koja dapat diberi topping bervariasi sesuai selera, contohnya saja topping meises ataupun keju. 

3. Tempoyak durian

Tempoyak durian
Source : instagram.com/parboaboa

Makanan ini punya cita rasa asam karena terbuat dari durian yang difermentasi. Biasanya disantap bersama nasi sebagai lauk sarapan. Akan tambah nikmat apabila dicampurkan dengan ikan nila ataupun ikan lele. 

Related : Makanan Khas Suku Osing

4. Lema khas Bengkulu

Lema khas Bengkulu
Source : belanga.id

Lema disebut juga lemah, lemeah, atau lemag yang merupakan makanan sejenis gulai. Arti dari kata “lemeah” adalah perasaan tidak bertenaga karena nikmatnya makanan tersebut. 

Makanan khas Bengkulu Utara ini terbuat dari rebung cincang yang dicampur dengan ikan mujair, ikan sepat, atau ikan tongkol. Makanan ini dimasak dengan cara dibungkus menggunakan daun pisang dan disimpan dalam wadah yang ditutup rapat-rapat. Lema yang sudah difermentasi akan menciptakan rasa pedas, asam, dan gurih.  

5. Kue bay tat

Kue bay tat
Source : instagram.com/mama_akira_akari

Kue bay tat sendiri berasal dari bahasa Bengkulu, ”bay” artinya nduk dan “tat” dari kata tart. Makanan ini berbentuk segi empat dengan isi selai nanas ataupun taburan keju. Teksturnya yang lembut dan sedikit renyah menjadi oleh-oleh lezat yang diminati oleh wisatawan dan digemari juga oleh masyarakat di Bengkulu.

6. Ikan semunanjang

Kata “semunanjang” berarti ditusuk. Ikan semunanjang adalah ikan putih yang ditusuk-tusuk dalam bambu. Makanan ini enak disantap dengan nasi hangat dan lalapan petai.

7. Kerupuk gurita

Seperti namanya, makanan ini terbuat dari gurita, khususnya gurita yang masih kecil. Gurita yang sudah dipipihkan, dibumbui dan dikeringkan dengan dijemur. Makanan ini ada dua varian, yakni gurih dan pedas, sehingga cocok jadi teman makan bersama nasi hangat.

Related : Makanan Khas Kenya

8. Kue siput

Kue siput
Source : instagram.com/brownkies69

Dinamakan kue siput karena bentuknya yang seperti rumah siput. Rasanya manis dengan isian kacang. Bentuk unik dan rasanya yang legit, cocok untuk dicicipi dan dijadikan buah tangan.

9. Kue perut punai

Kue perut punai
Source : instagram.com/dyahwidhiastuti

Seperti namanya, bentuknya menyerupai punai atau perut burung Punai. Makanan khas Bengkulu Utara ini terbuat dari tepung yang disangrai, dicampur dengan gula dan dibentuk bulat melingkar. Kue perut punai punya rasa manis dan gurih.

10. Gulai pisang

Gulai pisang
Source : instagram.com/channel_anak_babah

Buah pisang biasanya dimakan langsung, tapi di Bengkulu bisa dijadikan menu gulai. Cara pembuatannya dengan rendam pisang ke dalam air garam dan ditambahkan perasan jeruk nipis secukupnya. 

Lalu, pisang ditiriskan, direbus selama 10 menit. Setelah itu, bahan makanan ini dicampur dengan resep khusus gulai dan tinggal dimasak.

Related : Makanan Khas Dharmasraya

11. Gulai kemba’ang

Gulai kemba’ang
Source : instagram.com/misshotrodqueen

Makanan khas Bengkulu Utara ini terbuat dari bahan dasar iga sapi yang dimasak dengan berbagai rempah. Cita rasa yang khas dengan aroma rempah yang tajam digemari oleh masyarakat lokal. Makanan ini enak disantap dengan nasi putih hangat sebagai makan siang atau makan malam.

12. Manisan terong

Manisan terong
Source : instagram.com/bengkuluirahlal/

Makanan ini sulit ditemukan di daerah lain. Terbuat dari bahan dasar terong ungu yang dimasak dengan gula yang didihkan dalam air. Setelah airnya menyusut, terong dikeringkan dengan dijemur berhari-hari hingga teksturnya mengeras. 

13. Bubur dawet

Bubur dawet
Source : instagram.com/yakulineranaja

Di Jawa, dawet dijadikan minuman yang menyegarkan, sedangkan di Bengkulu dijadikan bubur. Bubur dawet terbuat dari tepung hungkwe yang dimasak hingga matang. 

Kemudian, dicetak dan disajikan dengan siraman gula merah cair dan santan kental. Rasanya manis dan cocok dijadikan sebagai makanan pencuci mulut.

Related : Makanan Khas Bireuen

14. Bubur sekoi

Bubur sekoi
Source : instagram.com/elvynnofianti

Makanan khas ini dibuat dari bahan dasar biji sekoi atau jewawut yang dimasak dengan jahe, santan, daun pandan, gula pasir, dan gula merah hingga menjadi adonan bubur. Biasa diberi siraman santan kental. Enak dinikmati sebagai menu sarapan atau camilan sore.

15. Bagar hiu

Bagar hiu
Source : instagram.com/m_ego_prst

Sama dengan namanya yang unik, makanan ini benar terbuat dari daging hiu, lebih tepatnya daging hiu tanduk. Daging hiu diberi jeruk nipis dan direbus selama 10 menit agar bau amisnya menghilang. Bagar hiu menggunakan beragam rempah dan kelapa sangrai yang akan menambah cita rasa gurih. 

Nah, itulah beberapa makanan khas Bengkulu Utara. Kamu bisa mencicipi makanan tersebut dan menjadikannya sebagai buah tangan khas dari daerah tersebut.

Profil Mr. Koki

Mr. Koki

fun, food obsessed, vegan. I cook and eat mostly vegan. I'm also a foodie. I love to try new places and fun things on the menu. I'll share it all with you!

Related Post

Tinggalkan komentar