17 Makanan Khas Luwu Timur Lezat dan Bikin Nagih

Makanan khas Luwu Timur menjadi salah satu makanan lezat yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Provinsi Sulawesi Selatan. Luwu Timur adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan. 

Wilayah ini terkenal sebagai daerah penghasil lada. Daerah ini menjadi salah satu tujuan destinasi wisata. Selain wisata alam, pesona daerah ini juga terletak pada makanannya yang lezat. Berikut ini beberapa makanan lezat dari Luwu Timur yang sayang untuk dilewatkan.

Daftar Makanan khas Luwu Timur

1. Peong

Peong
Source : instagram.com/indra_only

Peong dikenal dengan nasi bambu bakar. Peong termasuk makanan berat karena terbuat dari campuran beras dan santan yang dimasukkan ke dalam bambu untuk dibakar. Biasa dimakan bersama dengan makanan lain atau lauk pauk. 

2. Keripik kuporai

Kuporai dalam bahasa Luwu artinya kusuka. Makanan khas Luwu Timur ini terbuat dari bahan dasar pisang tanduk. Enaknya, keripik ini punya banyak varian rasa seperti rasa asin, manis, original, balado, jagung bakar, balado, pedas manis, dan coklat. 

3. Abon bandeng

Abon bandeng
Source : instagram.com/abonbuncir

Biasanya abon terbuat dari daging sapi atau daging ayam, namun di Luwu Timur abon terbuat dari ikan bandeng. Abon bandeng diolah dengan menggunakan bumbu rempah-rempah pilihan. Makanan khas ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan untuk dibawa ke rumah.

Related : Makanan Khas Bengkulu Utara

4. Pacco

Pacco terbuat dari bahan dasar ikan segar yang diolah dengan asam cuka saja. Cara pengolahannya juga menggunakan banyak cabai yang cocok sekali dimakan oleh penyuka pedas. Lebih lezat lagi kalau dimakan bersama dengan dange yang terbuat dari sagu.

5. Lawa

Lawar pakis
Source : instagram.com/lidyafoods

Lawa terbuat dari bahan baku olahan pacco yang dicampur dengan sayuran dan kelapa. Sama seperti pacco, lawa juga tidak melalui proses pemanasan. Biasanya disajikan bersama dengan pacco, dange, dan nasi hangat.

6. Dange

Dange
Source : dapurnusantaraindonesia.blogspot.co.id

Makanan khas Luwu Timur dari sagu yang menyerupai roti kering. Dange punya tekstur yang agak kasar. Biasanya dimakan dengan pacco dan lawa.

7. Kapurung

Kapurung
Source : instagram.com/umminiaa_official/

Kapurung mirip dengan papeda yang dicampur dengan sayur, ikan, kacang goreng, jeruk nipis, jagung, dan daging. Makanan ini terasa semakin lezat jika dikonsumsi bersama sambal terasi dan jeruk nipis. 

Related : Makanan Khas Takalar

8. Buras

Buras
Source : instagram.com/azishealthycookingsaladmaster

Sekilas buras mirip dengan lemper, hanya saja makanan ini terbuat dari ketan. Biasanya makanan tradisional ini dimakan bersama dengan telur, daging, dan kari ayam. Buras menjadi makanan wajib di acara keagamaan dan pernikahan.

9. Parede

Parede
Source : instagram.com/nbr_2881

Parade merupakan makanan yang terbuat dari ikan lamuru atau ikan kakap putih yang direbus dengan garam, kunyit, serai, dan buah palopo. Buah palopo dapat menambah rasa asam dan gurih dalam kuah kuah ikan parede. Parede biasanya disajikan bersama dengan nasi dan sambal mangga.

10. Lawak pakis

Lawar pakis
Source : instagram.com/lidyafoods

Makanan lain yang juga bisa dijumpai di Luwu Timur yaitu lawak pakis. Makanan ini terbuat dari pakis, kelapa parut, garam, terasi, cabai, dan jeruk purut. 

Ada juga yang menambahkan kerang laut ke dalam olahan ini. Makanan khas Luwu Timur ini punya kandungan protein tinggi dan mampu meningkatkan stamina.

11. Gohu ikan

Gohu ikan
Source : instagram.com/jalurrempahri

Gohu terbuat dari potongan ikan tuna atau cakalang merah mentah dengan bumbu garam, jeruk ikan, dan kemangi saja. Gohu dapat disajikan setelah ditumis dengan bawang dan cabai. Cita rasanya yang lezat dan dan unik wajib untuk kamu cicipi. 

Related : Makanan Khas Sipirok

12. Sop konro

Sop konro
Source : instagram.com/aishy_official

Kuah konro terbuat dari kacang merah yang sudah dimasak hingga lunak untuk dihaluskan dan dicampurkan ke dalam kuah. Adapun rasanya yang kuat berasal dari penambahan ketumbar dan warnanya yang kuat dari penambahan keluak. Kuah dari sop konro yang khas dan sedikit kental menarik untuk dicoba.

13. Coto makassar

Coto makassar
Source : instagram.com/makanenak.berau

Coto makassar merupakan salah satu makanan khas Sulawesi, dan banyak dijumpai di Luwu Timur. Makanan ini terbuat dari daging sapi, air cucian beras, daun salam, serai, daun jeruk purut, kayu manis, bawang merah dan putih, kemiri, pala, jahe, cabai merah, lengkuas, dan minyak. Coto makassar biasanya dimakan bersama dengan buras.

14. Jalangkote

Jalangkote
Source : instagram.com/duniakulinerbdg

Jika dilihat sekilas, jalangkote mirip dengan kue pastel, namun dengan kulit yang cukup tipis. Isian dari jalangkote pun bervariasi. Makin lezat disantap dengan sambal khas Luwu.

15. Mie titi

Mie titi
Source : instagram.com/airyindonesia

Mie ini terbuat dari mie kecil dan tipis yang kalau digoreng akan menjadi renyah dan kriuk. Mie titi adalah mie kuah dengan tekstur mie yang renyah. Makanan ini wajib untuk dicoba kalau datang ke Luwu Timur.

16. Pisang epe

Pisang epe
Source : instagram.com/pancikecilku

Pisang epe berbahan dasar pisang kepok yang dibakar di atas arang. Pisang epe mempunyai berbagai macam rasa, seperti coklat, keju, dan susu yang rasanya pasti enak. Cocok dimakan sebagai camilan santai.

Related : Makanan Khas Lampung Tengah

17. Dampo durian

Dampo durian
Source : instagram.com/naniekoe

Makanan khas ini berbentuk seperti dodol yang berbahan dasar dari durian asli dan gula merah atau gula aren. Rasanya yang manis cocok dimakan sebagai camilan santai saat berkumpul bersama dengan keluarga. 

Itulah 17 daftar makanan khas Luwu Timur yang patut dicicipi.

Profil Mr. Koki

Mr. Koki

fun, food obsessed, vegan. I cook and eat mostly vegan. I'm also a foodie. I love to try new places and fun things on the menu. I'll share it all with you!

Related Post

Tinggalkan komentar