15 Makanan Khas Lasem yang Enak, Cocok untuk Oleh-oleh

Apakah kamu pernah berkunjung ke Lasem? Jika datang ke tempat ini, pastikan untuk mencicipi makanan khas Lasem yang rasanya enak. 

Lasem adalah salah satu kecamatan dari Kabupaten Rembang, Jawa Tengah yang terkenal dengan batik tulisnya. Lasem menjadi tempat kunjungan bagi wisatawan yang ingin berwisata budaya. 

Tidak hanya itu, Lasem juga menjadi lokasi bagi wisatawan yang ingin wisata kuliner karena banyak makanan khas Lasem yang enak di lidah. Makanan khas dari daerah ini juga cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. 

Lalu, makanan apa saja yang bisa ditemui di Lasem? Ini daftarnya khusus untuk kamu. 

1. Serabi

serabi
Source : instagram.com/megas_kitchen97

Biasanya serabi disiram dengan kuah gula merah yang manis, namun kue serabi khas Lasem ini disiram dengan kuah santan yang rasanya gurih dan asin. Di sekitar Jalan Kajar, Jalan Raya Lasem, Jalan Pasar Sumbergirang, dan Jalan Dasun dapat dijumpai penjual kue serabi khas Lasem. Dengan harga murah, kamu sudah bisa beli makanan khas ini. 

2. Keripik pisang

keripik pisang
Source : instagram.com/pabrikkeripikpisang

Makanan khas Lasem ini biasa dijadikan oleh-oleh. Keripik pisang khas Lasem punya cita rasa yang manis dan gurih yang bisa buat ketagihan. Banyak toko yang menjualnya dengan harga yang tidak menguras kantong. 

3. Kacang atom

Kacang atom
Source : instagram.com/arta.damai.sentosa

Kacang atom terbuat dari kacang tanah dengan tepung tapioka dan tepung beras yang dibentuk bulat-bulat. Cara memasaknya dengan cara digoreng sehingga teksturnya renyah dan buat ketagihan. Kacang atom sudah biasa dijadikan buah tangan oleh para wisatawan karena harganya yang terjangkau dan disukai banyak orang. 

Related : Makanan Khas Kuala Lumpur

4. Kacang entis

Kacang entis terbuat dari kacang tunggak. Makanan khas Lasem ini diolah bersama dengan bawang goreng sehingga tercipta cita rasa gurih dan renyah yang membuat kamu ketagihan. Cocok dibeli dan dimakan sebagai camilan. 

5. Dodol kawista

Dodol kawista
Source : instagram.com/defa_mold

Perbedaan dodol kawista dengan dodol lainnya ada pada cita rasanya yang sedikit asam, manis, dan legit. Dodol kawista terbuat dari buah kawista yang bercita rasa asam. Biasa dijadikan buah tangan karena dapat dengan mudah ditemukan di pusat oleh-oleh.

6. Rengginang teri

Rengginang teri
Source : instagram.com/sashi_kitchen22

Rengginang teri memiliki cita rasa gurih dan ikan teri yang kuat. Cocok dimakan sebagai camilan. Makanan khas Lasem ini juga biasa dijadikan oleh-oleh karena mudah ditemukan di pusat oleh-oleh dengan harga yang murah.

7. Jadah

Jadah adalah makanan dari Lasem yang terbuat dari olahan kelapa muda parut dan beras ketan yang ditumbuk sampai halus. Jadah berbentuk kotak dan dibungkus dengan daun pisang sehingga menimbulkan aroma harum. Makanan ini akan terasa lebih enak dikonsumsi bersama dengan teh ataupun kopi.

Related : Makanan Khas Suku Samin

8. Soto kemiri

Soto kemiri
Source : instagram.com/dwines45

Soto kemiri sebenarnya makanan khas dari Kabupaten Pati. Tetapi, karena Rembang dan Pati berada di jalur Pantai Utara Jawa sehingga tidak heran akan menemukan kedai yang menjual soto kemiri. 

Soto kemiri terbuat dari nasi kemiri berisikan nasi, tauge, seledri, dan bawang goreng yang disiram dengan kuah yang terbuat dari campuran kemiri, santan, dan kunyit. Cita rasa makanan ini asin, gurih, manis dan beraroma rempah yang kuat.

9. Lontong tuyuhan

Lontong tuyuhan
Source : instagram.com/yantigendismr

Makanan ini cukup populer, dinamakan lontong karena bentuknya mirip ketupat dengan bentuk segitiga pipih. Lontong tuyuhan disajikan dengan kuah seperti opor ayam, namun lebih cair. Bisa juga disajikan bersama potongan ayam, tempe, dan tahu. 

10. Dumbeg

Dumbeg menjadi makanan pasar yang dikenal dengan nama celorot atau clorot. Dinamakan clorot karena bentuknya yang seperti corong. Terbuat dari tepung beras dan santan. Cita rasa yang dihasilkan manis karena diberi campuran gula jawa. 

11. Yopia

Yopia sekilas mirip dengan bakpao. Perbedaannya ada pada tekstur yopia yang lebih keras dengan isian gula merah. Ketika digigit bagian luar yopia terasa gurih dan bagian tengah terasa manis. 

12. Sate srepeh

Sate srepeh
Source : instagram.com/nyonyatres

Jika sate biasanya disiram dengan bumbu kacang, namun sate srepeh disiram dengan bumbu yang terbuat dari gula merah dan santan. Bumbunya berwarna merah agak kecoklatan. Rasanya manis, asin, gurih dengan potongan ayam yang dipenyet. 

Related : Makanan Khas Balige

13. Urap latoh

Urap latoh
Source : instagram.com/nibinibitu

Berbeda dengan urap pada umumnya, urap latoh terdapat sayuran bernama latoh. Latoh adalah sejenis rumput laut yang berbentuk cabang dan ranting yang ditempeli bola kecil berwarna hijau transparan. 

14. Kue satru

Kue Satu
Source : instagram.com/aiya_snackncookies

Makanan khas Lasem ini terbuat dari bahan dasar kacang hijau dan sagu. Terkenal sebagai buah tangan dengan rasanya yang gurih dan nikmat. Teksturnya mirip dengan kue sagu dan bentuknya cukup unik. Bentuk kue satru yang cukup terkenal yaitu bentuk daun dan bunga.

15. Jenang waluh

Jenang waluh
Source : instagram.com/mem.ayu_

Sama dengan namanya, makanan ini terbuat dari waluh atau labu kuning. Biasanya jenang waluh dihidangkan bersama dengan uli ketan atau jadah yang diolah bersama kelapa. Tidak sulit kalau ingin beli jenang waluh sebagai oleh-oleh karena banyak dijumpai di berbagai sudut di Kabupaten Rembang. 

Nah, itu dia beberapa makanan khas Lasem yang bisa kamu jadikan oleh-oleh saat berkunjung ke daerah ini.

Profil Mr. Koki

Mr. Koki

fun, food obsessed, vegan. I cook and eat mostly vegan. I'm also a foodie. I love to try new places and fun things on the menu. I'll share it all with you!

Related Post

Tinggalkan komentar