15 Makanan Khas Sawahlunto, Dijamin Bikin Ketagihan

Sawahlunto merupakan salah satu kota di Provinsi Sumatera utara yang masuk ke dalam nominasi Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO. Kota ini dikenal sebagai kota tambang batubara. Tidak hanya populer dengan wisatanya, disana juga terkenal dengan makanan khas Sawahlunto yang menggugah selera. 

Apa sajakah makanan yang bisa dicicipi saat berkunjung ke Sawahlunto? Ini daftar lengkapnya. 

Pilihan makanan khas Sawahlunto

1. Kue ketawa onde-onde pletus

Kue ketawa
Source : instagram.com/cifang21

Dinamakan kue ketawa karena bentuknya yang mirip seperti orang ketawa. Kue ketawa onde-onde pletus terbuat dari tepung terigu dan di bagian luarnya dihiasi oleh wijen. Tekstur kue ini renyah dengan rasa yang enak sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

2. Sup silungkang

Sup silungkang
Source : instagram.com/wisatakuliner.padang

Sup silungkang merupakan makanan khas Sawahlunto yang terbuat dari daging sapi dengan kuah yang kaya rempah. Cara penyajiannya dengan tulang sapi dan taburan bawang goreng renyah. Makanan ini lebih enak dimakan bersama dengan sepiring nasi hangat.

Related : Makanan Khas Eropa Timur

3. Ale-ale apam

Ale-ale apam
Source : instagram.com/infosumbar

Kue ale-ale apam terbuat dari tepung beras putih, gula aren, santan, dan pandan. Ale-ale apam banyak dijumpai di daerah Solok, Silungkang, dan Sijunjung. Kue ini sering dibeli untuk oleh-oleh bagi para wisatawan.

4. Pical

Pical
Source : instagram.com/davidvanjamber

Makanan ini mirip dengan gado-gado. Terdiri atas irisan sayur kol, sayur hijau, dan potongan tahu yang ditata di atas mie kuning. Pical dilengkapi dengan siraman saus kacang dan taburan kerupuk yang menambah kenikmatan. 

5. Dendeng batokok

Dendeng batokok
Source : instagram.com/er.ni8276

Daging yang diolah menjadi dendeng batokok adalah daging sapi. Daging sapi dilumuri dengan minyak kelapa dan bumbu seperti ketumbar, jahe, bawang merah dan putih, kunyit, lengkuas, garam, dan jeruk nipis. Setelah dilumuri, daging dipipihkan dan diletakkan di atas pemanggang dengan panas dari batu tempurung kelapa.

6. Kue pinyaram

Pinyaram
Source : instagram.com/ceciliafiona

Kue pinyaram merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras hitam ataupun putih, santan, gula aren. Kue ini digoreng menggunakan cetakan. Biasanya dinikmati pada saat hari raya Idul Fitri dan pesta pernikahan. 

Related : Makanan Khas Kutai Kartanegara

7. Lamang tungkek

Lamang
Source : instagram.com/fooditelan

Lamang tungkek terbuat dari tepung beras, gula aren, dan santan yang dimasak dibungkus dengan daun pisang untuk dimasak di dalam bambu. Cara memasaknya dengan cara dikukus. Makanan ini punya cita rasa gurih dan manis yang wajib dicoba wisatawan yang berkunjung ke Sawahlunto. 

8. Kerupuk kubang

Kerupuk kubang
Source : instagram.com/resep.minang

Makanan khas Sawahlunto lainnya yaitu keripik kubang. Keripik ini terbuat dari bahan dasar ubi jalar. 

Biasanya dijual dalam keadaan mentah dengan berbagai pilihan berat kemasan. Harganya yang murah membuat wisatawan ingin membelinya dalam jumlah banyak.

9. Lumindy chocolate

Lumindy chocolate adalah coklat asli Sawahlunto yang terkenal lezat dan pekat. Tidak heran, banyak wisatawan mempopulerkan ini sebagai oleh-oleh untuk keluarganya. 

10. Datuk silungkang coffee

Datuk silungkang coffee
Source : Unsplash.com

Kopi ini terbuat dari kopi robusta yang disangrai di atas tungku berbahan kayu bakar. Setelah itu, biji kopi ditumbuk hingga halus. Kopi diseduh dengan air panas dan akan menimbulkan cita rasa enak dan legit yang khas.

Related : Makanan Khas Suku Mentawai

11. Sagon bakar

Sagon bakar
Source : instagram.com/k3ycookies_cake

Sagon bakar menjadi makanan khas Sawahlunto yang wajib dibeli. Makanan ini terbuat dari kelapa, gula pasir, tepung terigu, dan berbagai bumbu lain. Teksturnya renyah dan gurih membuat makanan ini banyak disukai.

12. Gulai kepala ikan karang

Gulai kepala ikan karang
Source : instagram.com/shecreatbelly

Makanan khas ini bisa dijumpai di banyak rumah makan. Sesuai dengan namanya, makanan ini berbahan dasar dari ikan yang hidup di sekitar karang antara lain ikan kerapu, kerang, dan kakap. Gulai kepala ikan karang memiliki kuah yang tidak terlalu kental, namun rasanya tetap enak. 

13. Kare-kare

Kare-kare merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung beras dan gula yang dicampur dengan air dingin. Bahan-bahan tersebut kemudian dimasak dengan cetakan tempurung. Makanan ini bertekstur renyah dan manis dan sering diburu wisatawan sebagai oleh-oleh. 

14. Ayam kaget lado ijo

Ayam kaget lado ijo
Source : instagram.com/resepmasakayamenak

Bagi pecinta ayam, makanan ini tidak boleh dilewatkan. Ayam kaget lado ijo adalah ayam dengan sambal hijau yang lezat. Rasa makanan ini enak dan lezat. 

Related : Makanan Khas Luwu Utara

15. Bakso mangkok kusiba

Bakso mangkok kusiba
Source : instagram.com/baksosera_simo

Bakso mangkuk ini berbeda dengan bakso pada umumnya. Keunikan dari makanan ini yaitu, bakso dan mangkoknya bisa dimakan. 

Makanan ini terbuat dari daging giling yang dicetak membentuk sebuah mangkuk. Lalu mangkuk bakso daging tadi digunakan untuk meletakkan bakso kecil dalam juga yang cukup banyak. 

Itulah beberapa makanan khas  Sawahlunto yang rasanya enak dan bikin ketagihan.

Profil Mr. Koki

Mr. Koki

Halo yang disana, tidak perlu cemas jika belum bisa memasak. disini kamu bisa mulai belajar memasak dan menemukan ide resep baru.

Related Post

Tinggalkan komentar